Andalan Polres Pakpak Bharat, AKBP. Rocky H. Marpaung jabarkan Program SIPOPE

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat Sumut – Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Rocky H Marpaung, SIK.,MH, menjabarkan program “SIPOPE” yang menjadi jargon bagi jajarannya dalam mengayomi dan melayani masyarakat Pakpak Bharat.

Sipolisi Penolong (SIPOPE) yang lahir atas arahan dari seorang Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara,  Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Program Sipolisi Penolong ini adalah inisiatif dari Kapolda Sumatera Utara, Bapak Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si yang selalu berpesan kepada kami untuk terus berbuat baik, terinspirasi dari perintah beliaulah kami kemudian membuat program ini, program sipope yang kami harapkan bisa mengakomodasi semua kebutuhan layanan kami kepada masyarakat Pakpak Bharat, ucap Kapolres Pakpak Bharat ini menjelaskan. Selasa (10/5/22).

Lebih jauh pria muda ini juga menjelaskan pentingnya program sipope yang kini disesuakan dengan kebutuhan saat ini mengingat tuga Kepolosian yang banyak membantu dalam menyukseskan program vaksinasi covid 19 di wilayah Pakpak Bharat. Dibawah komando seorang Rocky H Marpaung, Kepolisian Resort Pakpak Bharat saat ini memang sangat gencar melaksanakan sosialisasi dan pelaksanaan vaksinasi di wilayah ini.

Dalam situasi saat ini dimana covid 19 masih melanda, SIPOPE ini terus kami kembangkan dan turut menjadi jargon kami untuk embantu Pemerintah mengatasi masalah covid 19 ini. SIPOPE ini telah berkembang menjadi dimana Kepolisian dituntut untuk senantiasa Sigap dan tanggap mengatasi kesehatan masyarakat, Peningkatan vaksinasi dan protokol kesehatan, Organisasi dan tatakelola Polres yang kuat, Pemulihan ekonomi dan pembangunan Daerah Pakpak Bharat, serta yang paling penting adalah Empati Sosial yang tinggi, itulah kepanjangan SIPOPE yang sesungguhnya, jelas AKBP Rocky H Marpaung kemudin.

Pada dasarnya setiap manusia itu harus memiliki sifat dan kerakter penolong, perintah bapak Kapolda untuk terus berbuat baik dan SIPOPE ini menginspirasi kami untuk memahami bahwa seorang polisi harus menjadi pribadi yang penolong, jelas Perwira Polri ini kemudian.

Saya pernah menjumpai sepasang suami istri ditengah hujan deras, waktu itu saya bersama ajudan saya, saya melihat kondisi ibu itu sedang hamil besar, lalu saya katakan kepada ajudan saya, kamu kembali kesana dan antarkan ibu itu kerumahnya, ajudan saya sempat bertanya, pakai mobil mana pak?, saya kembali katakan pakai mobil Kapolres saja, dan ingat siapapun harus kita tolong, urai Kapolres yang telah bertugas setahun lebih ini mengisahkan.

Mobil Kapolres ini adalah mobil rakyat, dibeli dari uang rakyat, jadi siapapun boleh memakai mobil ini. Ingat saja bahwa menolong orang tidak boleh memilih-milih, tidak ada batasan, waktu seseorang butuh pertolongan ya harus kita tolong, ingat itu, pesan dia kemudian.

Pada kenyataannya program SIPOPE mampu menyentuh seluruh komponen masyarakat, mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan baik dari sisi hukum, ekonomi, kesehatan, sosial dan lainnya. Pada suatu kesempatan Kapolres Pakpak Bharat bersama jajarannya juga menyerahkan bantuan kursi roda bagi kelompok lansia dan cacat tubuh diberbagai wilayah Pakpak Bharat. Program SIPOPE juga telah lama hadir membantu Pemerintah dalam upaya pelaksanaan vaksinasi covid 19 dan berbagai program lainnya.

Rocky H Marpaung mungkin tidak selalu bersama masyarakat Pakpak Bharat. Sebagai seorang Abdi hukum yang telah berjanji mendedikasikan hidupnya bagi tegaknya hukum di Bumi Indonesia mungkin dia akan pergi ketempat lain, mendatangi orang-orang yang butuh pertolongan dan uluran tangan dari seorang penegak hukum. Dia mungkin akan pergi, tetapi SIPOPE yang dia gagas dan akan dia tinggalkan disini akan tetap hidup dan bergerak, selaras garak langkahnya seorang pria gesit dan lincah, cerdas dan berdedikasi tinggi. SIPOPE akan menjadi penanda bahwa dia pernah disini, di bumi Pakpak Bharat yang indah dan sejuk ini.

 

 

Pewarta : Malau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.