Proyek Pembangunan Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman di Cikeusik Abaikan APD

MITRAPOL.com, Pandeglang Banten – Dalam Pelaksanaan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh Desa Rancaseneng Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang dikerjakan oleh CV Mandiri Berlian dan PT. Spektrum Tritama Persada sebagai konsultan pengawas diduga melanggar Permen PU nomor 5 tahun 2014 tentang Pedoman Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (SMK3) Kontruksi Bidang Pekerjaan Umum, diantaranya kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) bagi setiap pekerja.

Menurut Pian yang mengaku pelaksana lapangan saat dimintai keterangan oleh awak media mengatakan bahwa dirinya sudah memberikan kepada pekerja Alat pelindung Diri (APD) seperti, helm,rompi ,dan sepatu boot.

“APD sudah kami berikan, namun mereka mungkin gak betah, lebih lanjutnya silahkan ke pak Uu selaku pelaksana atau pemborong. Dan pak Uu selaku pelaksana jarang ada dilokasi dan kalau konsultan nya baru hari ini tidak ada,” kata Pian, Sabtu (21/10/2022).

Masih ditempat yang sama beberapa pekerja saat ditanya terkait APD mengatakan bahwa kami belum dikasih helm, rompi ,dan sepatu boot.

“Untuk APD tersebut, ini juga kami bawa sendiri,” pungkas pekerja yang enggan disebutkan namanya.

Hasil Pantauan awak media , proyek peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh Desa dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten itu menelan anggaran senilai Rp 6.196.643.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Banten tahun anggaran 2022.

Pekerjaan yang menelan anggaran Milyaran Rupiah itu diduga kuat mengabaikan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU), karena terlihat secara jelas di lokasi kegiatan, para pekerjanya tidak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD)/safety secara maksimal.

Sementara, itu Uu selaku Pelaksana saat dimintai keterangan melalui via WhatsApp mengatakan.“Saya sedang ada di luar, karena teteh istri saya meninggal, nanti kita ketemu,” singkat.

 

 

Pewarta : Rs/Hru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.