Wujudkan Mutu Pelayanan Berstandar Nasional, Biddokkes Polda Sulut Galang Komitmen Akreditasi Poliklinik

MITRAPOL.com, Sulut – Guna mewujudkan mutu pelayanan berstandar nasional, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulut menggelar kegiatan bertajuk Penggalangan Komitmen Akreditasi Poliklinik Polda Sulut, pada Senin (23/5/2022) siang.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk penandatanganan komitmen di atas spanduk, oleh Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Sulut Kombes Pol dr. Sucipto, D.F.M., bersama para personel Biddokkes yang terbagi dalam tiga Kelompok Kerja (Pokja).

Kombes Pol dr. Sucipto mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal dari proses akreditasi Poliklinik Polda Sulut.

“Akreditasi ini menjadi salah satu syarat untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jadi semua rumah sakit, poliklinik, dokter praktek, itu harus terakreditasi. Kalau tidak terakreditasi, tidak akan mendapat dana kapitasi dari BPJS,” ujarnya, sesaat usai kegiatan.

Lanjut Kombes Pol dr. Sucipto, rangkaian akreditasi ini cukup panjang dan harus melalui beberapa proses.

“Yang kita laksanakan ini adalah awal, berupa penggalangan komitmen. Dengan komitmen ini, seluruh unsur yang melaksanakan akreditasi ini sudah tergalang, maka kita harapkan bisa bekerja dengan semangat dan sungguh-sungguh demi menuju Poliklinik Polda Sulut yang terakreditasi,” harapnya.

Kombes Pol dr. Sucipto menjelaskan, setelah penggalangan komitmen akreditasi ini, maka Pokja 1, 2, dan 3, akan bekerja mulai dari beberapa aspek di antaranya administrasi, keselamatan pasien, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), serta kesehatan perorangan. Menurutnya, muara dari akreditasi ini adalah jaminan mutu bahwa, nantinya Poliklinik Polda Sulut ini dalam hal pelayanan pasien dan pelayanan kesehatan, mutunya sudah memenuhi standar nasional.

“Jika ke depan sudah terakreditasi, berarti mutu pelayanan di Poliklinik Polda Sulut ini nantinya sudah memenuhi standar nasional. Sehingga tidak ada keraguan, seluruh personel yang bertugas di Poliklinik ini sudah bekerja sesuai dengan SOP yang ada,” pungkas Kombes Pol dr. Sucipto.

Informasi diperoleh menyebutkan, penggalangan komitmen akreditasi juga akan dilaksanakan di seluruh Poliklinik Polri yang ada di Polresta dan Polres jajaran Polda Sulut.

 

Pewarta : Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.