Diikuti sejumlah ASN Pemkab Nunukan, Diskomimfotik gelar Pelatihan Jurnalis dan Videography

Kepala Dinas Komimfotik Kab Nunukan, Kaharuddin Andi Tokkong

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Mewakili Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Asisten Administrasi Umum Drs. Syafarudin membuka Pelatihan Jurnalistik dan Videography yang digelar Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Nunukan. Senin (23/5). Kegiatan ini digelar di Gedung Diklat BKPSDM.

Pelatihan Jurnalis dan Videography yang diikuti oleh sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain Kepala BPS Kabupaten Nunukan Agung Nugroho, praktisi Jurnalis Adharsyah, dan video kreator dari Diskominfotik Ilham Waskito.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dengan dua metode pelatihan, yaitu Teori dan Praktek.

Dalam sambutan Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid yang disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs.S yafarudin memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana, semoga dengan terlaksananya kegiatan ini akan memberikan pengaruh positif bagi para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Pemerintah Daerah Kabupaten nunukan sangat mendukung kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Videography kali ini, yang akan melatih para pesertanya menjadi wartawan bagi Instansinya masing – masing, sehingga setiap progres, capaian dan prestasi di tiap-tiap OPD akan diketahui oleh masyarakat, sebagai salah satu bentuk akuntabilitas dan transparansi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bupati kabupaten nunukan Hj.Asmin Laura Hafud SE.MM Phd berharap kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan waktu dan peluang yang ada sebaik-baiknya.

“Kepada para peserta Pelatihan Jurnalustik , pergunakan waktu dan kesempatan dalam mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, ambil ilmu yang bermanfaat dari Narasumber kita pada hari ini, jadikan pelatihan ini guna untuk menghasilkan wartawan yang memiliki kompetensi lebih baik”, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Diskominfotik Kabupaten Nunukan Kaharuddin, SS menuturkan, pelatihan ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan rekan-rekan jurnalis dari berbagai latar belakang media massa. Karena itu, kesempatan ini sangat baik bagi para ASN untuk menambah wawasan langsung dari para praktisinya.

Dijaman masa sekarang teknologi informasi berkembang begitu cepat, kita sebagai ASN atau Pegawai Negeri Sipil (PNS,) juga harus mampu terus beradaptasi, Salah satunya ialah mampu memberikan informasi yang cukup akurat kepada publik terkait berbagai program di masing-masing OPD,” tutur Kahar.

Menurut Kaharuddin andi Tokkong mantan Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Nunukan, berbagai program yang telah dilaksanakan OPD tidak akan berarti apa-apa jika tidak dikemas dalam konsep publikasi yang baik dan menarik, meskipun sesungguhnya program tersebut sangat baik.

Perkembangan media sosial saat ini luar biasa. Ruang untuk menginformasikan berbagai program itu terbuka sangat lebar, sayang sekali jika ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal Ujarnya Kahar.

Dengan Melalui pelatihan Jurnalis ini, kepala dinas Komimfotik kabupaten nunukan Kahar berharap kedepan masing-masing OPD akan terbentuk Tim Publikasi yang mampu berperan mengelola informasi dalam mendukung program-programnya, baik melalui content creative di media sosial maupun rilis pemberitaan di website instansi masing-masing. Sebab, salah satu penilaian publik terhadap OPD ialah melalui informasi yang disajikannya.

“Dengan adanya Pelatihan singkat ini, diharapkan peserta bisa mulai menjadi Content Creator bagi OPD masing-masing saat kembali,” ujar Kaharuddin mantan wartawan kampus Unhas tahun 90 an

 

 

Pewarta : Yuspal/Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.