Bersama Tim Satgas PMK, Kapolres Simeulue cek mobilitas hewan ternak di Pelabuhan Kolok

MITRAPOL.com, Simeulue Aceh – Berbagai upaya penanganan pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak di Kabupaten Simeulue terus digencarkan, salah satunya dengan kegiatan pengecekan mobilitas hewan ternak yang masuk di Posko Check Point Pelabuhan Kolok Kab. Simeulue. Jumat (27/05/2022)

Kegiatan pengecekan mobilitas hewan ternak yang masuk dan keluar dilaksanakan langsung oleh Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko SH.,MH, didampingi Tim Satgas PMK, diantaranya petugas Dinas Peternakan, anggota Kodim 0115 dan anggota lanal Kabupaten Simeulue.

Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko mengatakan jika kegiatan pelaksanaan check point ini dilakukan pasca adanya temuan PMK pada hewan ternak milik warga di beberapa daerah di wilayah Aceh.

“Kegiatan pemantauan mobilitas hewan masuk di posko Check point pelabuhan Kolok akan terus dilaksanakn sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari pimpinan tentang penyakit mulut dan kuku (PMK).

Lebih lanjut AKBP Jatmiko, menjelaskan jika sampai saat ini untuk sementara belum ditemukan mobilitas hewan masuk ke wilayah Simeulue di pelabuhan Kolok Dan jika ditemukan kendaraan yang membawa hewan ternak akan diputarbalikkan.

Kapolres Simeulue menambahkan jika pihaknya siap bekerja sama dengan Dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Simeulue serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentral-sentral peternak sapi dan ternak lainnya dengan terus memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang.

Kapolres Simeulue menghimbau kepada masyarakat, terkait wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) pada hewan ternak agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Dari informasi dari para pakar bahwa penyakit mulut dan kuku pada ternak tidak menyebabkan gangguan kesehatan kepada manusia.

Dari data yang dirilis Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Simeulue, hingga saat ini belum ada hewan ternak di Simeulue yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

 

 

Pewarta : Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.