Cek stock Minyak Goreng, Kapolresta Cirebon pastikan harganya sesuai HET

MITRAPOL.com, Cirebon Jabar – Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.IK.,MH, melaksanakan sidak ketersediaan minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cirebon, Jumat (27/5/2022). Sidak tersebut turut dihadiri Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Faurizal Noerdin, S.Sos, dan Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, SE.,M.Si, dan lainnya.

Sidak tersebut dalam rangka pengecekan terkait dengan ketersediaan maupun juga harga minyak goreng curah di Kabupaten Cirebon. Pasalnya, sebagaimana diketahui bersama minyak goreng curah menjadi salah satu menjadi fokus pemerintah.

“Sehingga kami melaksanakan sidak ini untuk memastikan bahwa minyak goreng curah ini tersedia di lapangan dan kemudian juga harganya sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Ia mengatakan, dalam sidak kali ini pihaknya mendatangi pedagang minyak goreng di Pasar Pasalaran Weru dan Pasar Minggu Palimanan. Diakuinya, dari hasil pengecekan di masing-masing toko harga minyak goreng curah berkisar antara Rp 14.000 – Rp 14.500 per kilogram.

Menurutnya, perbedaan harga tersebut disebabkan karena suplai dari distributor yang memang berbeda. Padahal, sebagaimana aturan yang ditetapkan pemerintah seharusnya harga minyak goreng curah sampai di tingkat pedagang adalah Rp 14.000 perliter.

“Sehingga dari data maupun masukan informasi ini akan menjadi bahan Satgas Pangan Kabupaten Cirebon untuk melakukan penelusuran di tingkat distributor. Ini untuk mencari tahu kenapa distributor yang satu bisa memberikan harga sesuai HET, namun distributor yang lain harganya Rp 14.500,” kata Kombes Pol Arif Budiman.

Ia menyampaikan, hal tersebut dalam rangka memastikan ketersediaan dan harga sesuai HET kepada masyarakat. Sehingga dipaatikan bahwa minyak goreng curah terjamin ketersediaannya sekaligus juga harganya sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

Pihaknya mengakui, minyak goreng curah di beberapa tempat yang telah dicek rata-rata stoknya tersedia dan berlebih. Bahkan, di pedagang minyak goreng curah di pasar yang didatangi stoknya mencapai 2,5 ton.

“Sehingga kami pastikan untuk wilayah kabupaten Cirebon stok minyak goreng curah aman. Namun, masih terjadi disparitas harga, ada yang Rp 14.000 dan ada juga yang Rp 14.500. Ini yang nanti akan ditelusuri Satgas Pangan Kabupaten Cirebon,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

 

 

Pewarta : Darto / Hms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.