Desa Ngraho Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal Dengan Manganan

MITRAPOL.com Blora Jateng – Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, sekaligus menjaga dan melestarikan budaya lokal warisan nenek moyang turun temurun, pemerintahan Dukuh Ningalan Desa Ngraho kecamatan Kedungtuban Blora menggelar acara tasyakuran dilanjutkan dengan pagelaran kesenian Kerawitan. Jumat (27/5/22).

Acara yang dilaksanakan ini merupakan rangkuman dari beberapa acara sedekah bumi dengan menyuguhkan beberapa hiburan tradisional juga siraman rohani guna menumbuhkan nilai keimanan untuk membekali diri.

Pemerintahan Dukuh Ningalan Desa Ngraho Kecamatan Kedungtuban Blora sendiri telah melaksanakan sedekah bumi pada pagi harinya dan sebagai acara puncak, pada malamnya digelar pengajian yang dirangkum dengan Ningalan bersholawat bersama Habib Mustofa Bin Muhammad Alaydrus dari Bangilan Tuban Jawa Timur.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Kedungtuban Rajiman, S.IP, M.Si, Kades Ngraho Sri Lestari Indajani,S.Sos dan Bupati Blora yang diwakili oleh Kabag Kesra.

Tradisi Manganan atau Sedekah Bumi ini kami laksanakan setahun sekali ini sebagai bentuk rasa syukur kami, sedangkan dengan sholawat bersama ini kami berharap semoga mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT untuk warga desa Ngraho khususnya dan kita semua pada umumnya, ucap Syaefudin Achmad Sekdes Desa sekaligus Ketua Panitia.

Acara Ningalan Bersholawat berjalan dengan penuh khidmat, dengan membludaknya warga yang sadar akan pentingnya siraman rohani, doa bersama untuk baginda Rosulullah Muhamad SAW semoga mendapatkan syafaatnya.

 

 

Pewarta : Menco

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.