Cerita Kepala BPPB Kemendikbudristek : Pujian Dirjen UNESCO kepada Gubernur Andi Sudirman

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Prof. E. Aminuddin Aziz memuji kepedulian Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Andi Sudirman akan pentingnya bahasa dan sastra Indonesia.

Aminuddin mengaku, bahwa dirinya menjadi saksi dari pengakuan dari pihak OUNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB, jika kepedulian besar Pemprov Sulsel terhadap pelestarian bahasa.

Hal itu diungkapkan oleh Aminuddin pada acara Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Dalam Dokumen Lembaga di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, 31 Mei 2022.

“Tadi saya berbicara pada Bapak Gubernur, pada peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional bersama UNESCO, di mana waktu itu diminta berpidato dihadapan UNESCO, Pak Gubernur waktu itu memberikan testimoni, waktu itu masih Wakil Gubernur. Beliau (Gubernur) mengatakan di Sulsel ini sudah ada peraturan daerah yang mengikat setiap orang untuk wajib mengajarkan bahasa Daerah di masing-masing wilayah, di masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Lanjutnya, “pernyataan ini sontak membuat perhatian khusus bagi Dirjen UNESCO. ketika saya berdialog dengan Dirjen UNESCO bertanya pada saya, siapa anak muda itu, saya katakan itu Wakil Gubernur SulSel. Dan sekarang beliau menjadi gubernurnya,” ungkapnya.

Pihak UNESCO pun, kata dia, mengakui, bahwa Andi Sudirman sosok kepala daerah yang patriotis akan kepeduliannya terhadap pelestarian bahasa. “Mereka mengatakan begitu patriotiskah daerahnya. saya sampaikan terima kasih Pak Gubernur atas sambutan yang luar biasa. Itu menunjukan dukungan pemerintah daerah terhadap kelangsungan hidup bahasa daerah di daerahnya,” ungkapnya.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI memberikan penghargaan kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman atas atas perannya dalam pembinaan dan pemartabatan bahasa negara di ruang publik dan pelestarian bahasa daerah melalui Peraturan Gubernur tentang Pembinaan Bahasa Daerah.

“Terima kasih atas kepedulian bapak Gubernur untuk kepedulian pada pengembangan bahasa Indonesia dan kepedulian pada perlindungan pada sastra daerah. Pada kesempatan ini menyampaikan piagam penghargaan khusus kepada Bapak Gubernur Sulsel (Andi Sudirman Sulaiman),” ungkap Aminuddin

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.