PLN bantu Pokdarwis tingkatkan ekonomi UMKM Desa Wisata Lerep

MITRAPOL.com, Semarang Jateng – PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta (UP2B Jateng & DIY) mendukung Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bawah Jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Dukungan tersebut melalui memberikan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rukun Santoso, (03/06/2022).

Program bantuan yang diberikan berupa modernisasi Foodcourt dengan Electrifying Lifestyle untuk Kedai Kopi Tenda Desa Wisata Lerep.

“Hari ini kami serahkan bantuan TJSL berupa perlengkapan untuk kedai kopi. Semoga dengan adanya bantuan dan publikasi terkait Kedai Kopi Tenda Desa Wisata Lerep ini diharapkan dapat menarik wisatawan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan para UMKM di sekitar Desa Wisata Lerep ini selanjutnya,” kata Manager UP2B Jateng & DIY, Akhmad Duli.

Lebih lanjut Manager UP2B Jateng & DIY menjelaskan, Kedai Kopi Tenda merupakan kegiatan usaha milik Pokdarwis Rukun Santoso yang berada di lingkungan Desa Wisata Lerep.

“Pokdarwis Rukun Santoso menjalankan kegiatan usaha pariwisata “Paket Desa Wisata Lerep” yang terintegrasi dengan seluruh potensi yang ada di Desa Lerep, seperti potensi alam, potensi budaya, maupun potensi wisata buatan dengan konsep paket wisata edukasi baik menginap (live in) maupun sehari (one day tour).” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, Kedai Kopi Tenda ini sebelumnya masih menumpang pemakaian daya listrik di salah satu rumah warga dalam operasionalnya, pencahayaan masih minim untuk kedai kopi yang buka di malam hari, sarana dan prasarana juga masih kurang memadai.

Untuk itu, jelas Akhmad Duli, PLN UP2B Jateng & DIY membantu Pokdarwis Rukun Santoso dengan memberikan bantuan berupa Pasang Baru 2200VA, modernisasi peralatan penunjang dan bantuan promosi desa wisata.

Sementara itu Kepala Desa Lerep, Sumariyadi S.T. mengatakan, bantuan dari PLN UP2B Jateng & DIY ini sangat membantu kelompok UMKM di Desa Lerep.

“Semoga sinergi yang baik ini tetap terjalin. Dengan bantuan yang sudah diserahkan ini, membuat Desa Wisata Lerep semakin dikenal di masyarakat luas,” ungkap Sumariyadi.

Ketua Pokdarwis Rukun Santoso Susiyanto mejelaskan, kami mewakili Pokdarwis Rukun Santoso Desa Wisata Lerep dan Pengurus Kopi Tenda mengucapkan terima kasih kepada PLN UP2B Jateng & DIY atas bantuan program TJSL ini.

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kegiatan usaha kami pasca pandemi, dengan perlengkapan peralatan yang lebih modern kami dapat melakukan kegiatan usaha lebih efektif dan efisien. Insya Allah akan menambah semangat pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” tambah Susiyanto.

 

 

DR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.