Terapkan Skema Jemput Bola, Disdukcapil Pakpak Bharat Layani Penyandang Disabilitas

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Pemerintah Pakpak Bharat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus memaksimalkan layanan administrasi kependudukan bagi seluruh warganya.

Berbagai inovasi sistem pelayanan terus dilakukan demi membantu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Tidak hanya menunggu di kantor, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pakpak Bharat bahkan turun langsung dengan skema jemput bola. Menggunakan kendaraan yang dirancang khusus sebagai kenderaan layanan berjalan (mobile) mereka turun ke desa-desa diberbagai pelosok Kabupaten Pakpak Bharat.

“Kita akan terus berupaya mendorong, dan meningkatkan serta proaktif memaksimalkan pemberian pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat kita, tanpa diskriminasi termasuk para penyandang cacat dan disabilitas, ini sudah menjadi komitmen kita, bahwa Pemerintah harus selalu hadir di tengah masyarakat baik dalam situasi apapun,” ucap Bupati Pakpak Bharat, Franc Benrhard Tumanggor di Salak.

Sistem layanan jemput bola ini memang dilaksanakan dengan sasaran para warga yang tidak bisa mengakses layanan di pusat-pusat layanan serta bagi mereka yang memiliki keterbatasan, cacat jasmani dan sebagainya.

Seperti yang terlaksana hari ini, para petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hadir di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe diantaranya Desa Maholida, Tanjung Meriah, dan Desa Malum.

Mereka melakukan perekaman dan pendataan kependudukan bagi para penyandang disabilitas di Desa-Desa ini. Beberapa jenis layanan yang dilaksanakan diantaranya perekaman data E KTP, penerbitan Kartu Keluarga, NIK, Akta Kelahiran serta berbagai dokumen kependudukan lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pakpak Bharat, Petrus Saragih, SE, MM menjelaskan pentingnya tertib administrasi kependudukan dalam berbagai keperluan bagi masyarakat itu sendiri.

“Sangat perlu kita pahami akan arti pentingnya tertib administrasi kependudukan ini, tentang apa itu gunanya KTP, KK, Akta Kelahiran dan sebagainya, karena dokumen ini menjadi salah satu faktor dan syarat utama manakala kita akan melakukan pengurusan dokumen lainnya, ia SIM, BPJS, Bansos dan lain sebagainya harus punya data kependudukan yang jelas, layanan kami mungkin bukan layanan dasar, tapi ini adalah dasar dari seluruh layanan yang akan bapak dan ibu terima kemudian,” ucap Petrus Saragih di lokasi.

Maka untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Pakpak Bharat agar segeralah lengkapi data-data kependudukannya, silahkan datang kekantor dan pusat layanan yang kami sediakan, semua layanan yang kami lakukan adalah gratis,” pesan Petrus Saragih kemudian.

Dalam layanan kependudukan terhadap penyandang disabilitas kali ini, para petugas berhasil melakukan perekaman data bagi delapan penyandang disabilitas di Kecamatan ini.

 

Pewarta : Malau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.