Keindahan alam desa Meat tampahan menjadi lokasi festival 1000 Tenda

MITRAPOL.com, Toba – Desa Meat yang berada di pinggiran Danau Toba selain dikenal keindahan alamnya, juga sebagai penghasil ulos karya tenun tradisi Batak Toba. Yang mana proses pengerjaanya secara manual memperlihatkan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung ke Desa tersebut yang berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Dalam bulan Juni ini, desa meat tersebut bakal didatangi seribuan pecinta wisata tenda (camping). Melalui kegiatan Seribu Tenda, para wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia ini akan menikmati keindahan alam dan produk UMKM yang ada didesa Meat tersebut.

Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toba Augus Sitorus saat ditemui diruanganya menyampaikan, pihaknya akan melakukan persiapan teknis kegiatan tersebut. Disebutkanya, acara Seribu Tenda tersebut akan digelar mulai hari Jumat (24/06/22) hingga hari Minggu (26/06/22) yang akan datang.

“Rencananya kegiatan seribu tenda dalam hal mendukung pariwisata di Kabupaten Toba akan direncanakan mulai tanggal 24 hingga 26 Juni 2022 yang akan datang. Hingga hari ini, kita masih melakukan persiapan-persiapan teknis guna mendukung kegiatan tersebut.Kira-kira apa saja nantinya yang akan dibutuhkan di lapangan,” Terang Pj Sekdakab Toba Augus Sitorus.

Dijelaskanya juga, pihaknya sedang menginventarisir Fasilitas pendukung kegiatan, misalnya peningkatan daya listrik di lokasi camping, sistem pengamanan dan transportasi bagi para pengunjung. Melalui koordinasi dengan pemerintah desa, pihaknya sudah mempersiapkan lokasi sebelum kegiatan berlangsung.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin apa saja yang akan mereka butuhkan nanti, kita fasilitasi sesuai dengan kemampuan yang ada. Karena diperkirakan kegiatan seribu tenda ini membutuhkan beberapa hal termasuk untuk daya listrik agar ditingkatkan dayanya. Kemudian persiapan lapangan, persiapan perhubungan, keamanan dan persiapan pendukung lainnya,” ujar Agus sitorus.

Augus juga menambahkan, peserta yang datang adalah pengunjung yang berminat dalam wisata camping. Hingga saat ini, pendaftar semakin banyak. Soal pendaftaran, para perserta dapat mendaftar melalui komunitas-komunitas pecinta wisata camping yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

“Karena acara ini diikuti dari beberapa komunitas pecinta wisata camping yang ada di seluruh Indonesia, mereka sudah membuka pendaftaran sejak dua hari yang lalu. Informasi yang telah kita terima, sudah ada sekitar 600 orang peminatnya,” ujar Agus.

Ia berharap dan berkeyakinan kegiatan seribu tenda tersebut akan berdampak positif terhadap geliat pariwisata di Kabupaten Toba, mengingat kabupaten toba termasuk KSPN, tentu kegiatan-kegiatan di bidang pariwisata akan membawa dampak secara langsung maupun tidak langsung kepada pendapatan masyarakat, terkhusus di lokasi Desa Meat.

 

Pewarta : Abdi.S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.