Ciptakan kebijakan humanis untuk penambang Emas di Boltim

MITRAPOL.com, Boltim Sulut – Pertambangan emas menjadi salah satu tumpuan masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Sejak dulu, sektor pertambangan emas menjadi andalan warga mengais rezeki guna menyekolahkan anak-anak mereka.

Harus disadari bersama oleh semua pihak, baik elemen pemerintah maupun elemen rakyat tentang keadaan masyarakat penambang emas di Boltim.

Di mana, menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, rakyat penambang emas di Boltim harus tetap didukung dari sisi kebijakan sosial humanis, untuk tetap bekerja secara terukur.

Menurut salah satu aktivis BMR, Irawan Damopolii, hal itu harus dilakukan.

Karena bagaimana pun, menambang emas menjadi sumber kehidupan yang sudah menjadi tradisi hidup sejak dahulu oleh masyarakat Boltim.
“Selain itu sebagai sumber pendapatan ekonomi, itu juga memberi lapangan kerja bagi sebagian besar masyarakat Boltim,” kata Irawan Damopolii.

Menurutnya, falsafah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 33 sebagai salah satu dasar kebijakan hukum, telah menyiratkan tentang bumi, air dan seisinya itu dikuasai oleh negara dan dimanfaatkan semata-mata untuk kemakmuran rakyat.

“Demikian makna yang terkandung dalam Undang-Undang. Bisa dijadikan dasar untuk memberikan diskresi atau kebijakan sosial humanis kepada masyarakat penambang emas di Boltim,” katanya.

Menurutnya, itu penting dilakukan bagi masyarakat penambang emas Boltim demi terciptanya stabilitas sosial di daerah Boltim.

Memang, sejak dulu, potensi sumber daya alam pertambangan di Kabupaten Boltim cukup menjanjikan.
Kekayaan alam strategis di Boltim ada di bidang pertambangan emas. Tak heran jika banyak warga Boltim yang menggangtungkan hidupnya di bidang pertambangan emas.

Apalagi, pertambangan emas di Boltim memiliki nilai produksi yang tinggi. Itu dibuktikan dengan beroperasinya sejumlah perusahaan tambang emas di daerah tersebut.

Perusahaan-perusahaan itu kini menggarap ribuan hektare lahan pertambangan emas.

Menurut warga setempat, masyarakat optimistis, bahwa di masa mendatang, Boltim akan lebih maju daripada daerah lain, karena potensi sumber daya emas yang dimiliki.

“Kekayaan emas di Boltim kalau dikelola dengan baik, akan membawa kesejahteraan di masa depan,” ujar warga.

 

Pewarta: Candra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.