Bupati Demak hadiri pengukuhan dewan kesenian daerah yang di ketuai Nur Wahid

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Dewan Kesenian Kabupaten Demak Periode 2022-2027 di kukuhkan oleh Bupati Demak Eisti’anah yang berlangsung Panggung Kesenian Tembiring Demak, Selasa (14/06/22).

Adapun tugas Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Demak membina dan mengembangkan budaya dan kesenian, membantu Pemerintah dalam mengkoordinasikan kegiatan seni dan budaya. Kemudian membantu sumbang saran pemikirana dan memberikan masukan kepada Pemkab Demak dalam memajukan dan pengembangan seni budaya.

Ketua DKD Kabupaten Demak Nur Wahid dalam sambutannya menyampaikan, Dekade tahun-tahun sebelumnya, belum pernah mendapat perhatian dari Pemerintah. Dan tahun ini sudah menjadi perhatian Pemkab Demak.

“Ini merupakan sesuatu yang luar biasa dimana kitaselaku pelaku seni di ikutkan andil untuk membantu pemerintah, sehingga tidak kalah dengan daerah lain. Saya yakin dengan bibit potensi yang ada ini Dekade dapat memajukan kabupaten demak terutama dibidang budaya dan seni,”kata Nur Wahid.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Demak, mengucapkan selamat kepada para pengurus Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Demak yang baru saja dikukuhkan. Semoga Dekade dapat menjadi rumah bagi para penggiat seni/ seniman dan budayawan untuk mempercepat denyut nadi kesenian dan kebudayaan Demak Kota Wali ini.

“Saya berharap para pelaku seni dan budaya akan terus berinovasi agar sumber kearifan lokal dapat tumbuh berkembang dan mampu bersinergi dengan pengembangan pariwisata daerah,” kata Eisti.

Sebagai pecinta seni, lanjutnya, dirinya merasa prihatin dengan berkurangnya kegiatan kesenian selama masa pandemi Covid-19.

“Oleh karenanya saya berharap kepada segenap pengurus DKD untuk membangkitkan kembali semangat para pegiat seni, khususnya dalam proses kreatif menciptaan karya seni sebagai warisan budaya bangsa,”pungkasnya.

 

Pewarta : Safik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.