MTQ tingkatkan aktualisasi Al Quran dalam kehidupan

MITRAPOL.com, Brebes – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) umum XXIX tingkat Kabupaten Brebes mampu meningkatkan aktualisasi Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Lewat MTQ juga dapat memacu peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat membuka MTQ yang ditandai dengan pemukulan Bedug, di Aula Islamic Center Brebes, Selasa (14/6).

“MTQ menjadi salah satu sarana yang tepat dalam mempererat tali persaudaraan sebagai aktualisasi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Narjo.

Narjo yakin, dengan kondisi masyarakat yang Qurani maka akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa menuju kesejahteraan masyarakat.

Melalui MTQ dapat memacu peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Juga menumbuhkan kecintaan terhadap Al Quran di kalangan generasi muda, untuk selanjutnya mampu mengamalkan secara baik dan benar, demi keselamatan perjalanan hidup dunia maupun akherat.

Narjo berpesan untuk dapat memanfaatkan gelaran MTQ dengan sebaik-baiknya. Terutama sebagai ajang untuk mengasah dan meningkatkan ketrampilan membaca dan menghafal Al Quran secara baik, benar dan penuh dengan keindahan. Sehingga selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri, juga dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat lainnya untuk lebih mempelajari dan mendalami Al Quran.

Lebih jauh, Narjo berharap MTQ dapat menjaring bibit-bibit unggul, yang dapat membawa nama baik Kabupaten Brebes di event tingkat provinsi maupun nasional.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan piala bergilir dari Juara Umum sebelumnya, yakni Kecamatan Bulakamba kepada Wakil Bupati Brebes dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kab Brebes untuk diperebutkan kembali. Pembukaan MTQ didahului dengan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dewan Hakim dan Panitera yang akan bertugas melakukan Penjurian oleh Ketua LPTQ.

Ketua Panitia Khaerul Abidin melaporkan, tujuan digelarnya MTQ antara lain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Juga untuk meningkatkan dan mendorong semangat masyarakat memahami dan menghayati Al Quran. MTQ diikuti 304 peserta dari 17 Kafilah (kontingen) se Kabupaten Brebes

Khaerul yang juga Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra menuturkan, cabang yang di lombakan yakni Tartil Al Quran, Tilawah Anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Tahfidz 1 juz dan Tilawah, Tahfidz 5 juz dan Tilawah, Tahfidz 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz.

“Semua cabang lomba untuk kategori putra dan putri,” ujar Khaerul.

Hadir pada pembukaan MTQ ke XXIX tingkat Kabupaten Brebes antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, KBO Binmas Polres Brebes Muhamad Afandi, Danramil Brebes Kapten Kunpriyanto, KasubagBin Kejaksaan Negeri Brebes Yashinta Irinne Marianna, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, beberapa Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Baznas, Ketua MUI, Camat dan Kepala KUA se-Kabupaten Brebes.

 

Pewarta : Maeel/Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.