Acara Pelepasan Siswa/i didik SDN Kalang Anyar 1 Labuan Banten di warnai isak tangis

MITRAPOL.com, Pandeglang – Acara pelepasan siswa – siswi tahun ajaran 2021/2022 di SDN Kalang Anyar 1 Labuan berlangsung dengan khidmad, dan seakan guru tidak mau melepaskan anak didiknya dan saat para murid menyanyikan salah satu lagu perpisahan, semua dewan guru dan wali murid seakan terkesima dengan nyanyian perpisahan yang di bawakan oleh para murid sekolah ini.

Tak terasa butiran air mata tamu yang hadir berurai. ”Terimakasih ku, ku ucapkan untuk mu para guru yang telah mendidik ku.”

Selama enam tahun proses belajar – mengajar berjalan anak SDN Kalang Anyar 1 ini berjalan dengan baik dan para guru harus melepaskan anak didiknya kejengjang lebih tinggi yaitu tingkat SLTA.

SDN Kalang Anyar 1 Labuan menggelar acara lepas sambut bagi siswa didik yang selama ini bersekolah, dan juga sekaligus mengadakan acara Pameran hasil karya anak sekolah sebagai wujud dari Implementasi proyek kegiatan profil pelajar pancasila yang diterapkan di kurikulum merdeka.

Seperti apa yang di sampaikan oleh Sanwani, selaku Kepala Sekolah SDN Kalang Anyar 1 Labuan, saat ditemui oleh awak media di ruangan kerjanya, disela acara kegiatan sedang dilaksanakan.

“Acara kegiatan ini adalah ungkapan rasa syukur, serta pelepasan Siswa didik tahun ajaran 2021/2022, sekaligus digabung dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila yang diterapkan dalam satu tahun ini sebagai wujud dari Implementasi kurikulum Merdeka,” jelas Sanwani, Kamis (16/06/22).

Ditambahkan Kepsek, bahwa sekolah yang menjadi salah satu penggerak di Kabupaten Pandeglang ini, bertujuan agar siswa didik memilik pola pikir aktif dengan lingkungan, kearifan lokal, serta mendidik agar siswa menjadi mandiri, dengan bisa mengangkat kembali nilai ekonomis seperti makanan, jajanan, serta permainan lokal, sebagai wujud kebudayaan lokal yang selama ini mulai menghilang.

“Kami berupaya memperkenalkan kembali makanan khas lokal, permainan local, Karena sangat disayangkan, ketika anak sekarang tidak mengetahui apa itu makanan combro, jajanan misro, permainan enggrang, gobag, yeye, bebentengan dan lainnya. Semua itu kita implementasikan kembali dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” tutur Kepsek.

Salah satu ruangan kelas yang menjadi pusat pameran hasil karya Siswa didik di SDN Kalang Anyar 1 Labuan tampak penuh dengan aneka Varian makanan, serta jajanan dan juga segala pernak pernik permainan ciri khas budaya lokal di Kabupaten Pandelang.

“Ini adalah hasil karya Siswa didik yang belajar disini pak, semua ini kami pamerkan dengan tujuan agar siswa dan wali murid yang hadir saat ini melihat dan mengetahui bahwa semua ini sebagai wujud kecintaan kami selaku pengajar terhadap siswa didik. Semoga bermanfaat bagi mereka, dan bagi siswa yang telah lulus hari ini, agar bisa menjaga nama baik sekolahnya,” papar seorang dewan guru.

Dilokasi acara, salah satu anak didik yang masih kelas satu ini yang ikut dalam acara perpisahan dan kenaikan kelas dirinya ke kelas dua ini merasa senang dengan kegiatan acaranya dan dirinya bahagia naik ke kelas dua.

Dengan malu malu dia juga senang sekolah di SDN Kalang Anyar 1 Labuan, dan ingin mencapai cita-citanya dengan belajar dengan giat dan ingin patuh dengan didikan gurunya.

 

Pewarta : Royen Siregar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.