PT Cakra Banten Primadona Buka Peluang Usaha Bumdes Kabupaten Pandeglang

MITAPOL.com, Pandeglang – PT. Cakra Banten Primadona yang bergerak dibidang pangan, mengajak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se- Kabupaten Pandeglang, untuk bekerjasama didunia usaha perdagangan sembako.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT. CBP, Sandri Maulana kepada para ketua Bumdes, yang didampingi aparatur dinas, di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Kamis (16/06/2022).

Pada kesempatan tersebut Sandri menjelaskan, pihaknya siap melakukan kerjasama saling menguntungkan dengan pihak Bumdes berupa perdagangan bahan pokok kebutuhkan masyarakat.

“Jika kerjasama ini terjadi, maka kami dari perusahaan akan menyediakan barang sementara pihak Bumdes hanya menyediakan tempat untuk dijadikan lokasi penyimpanan barang minimal memiliki ukuran 4 M x 8 M,” kata Sandri

Ia juga menyampaikan, kepada pihak Bumdes agar menyiapkan orang untuk dijadikan karyawan yang upah kerjanya ditanggung pihak perusahaan.

Sedangkan untuk keuntungan Bumdes sendiri, akan diberikan pihak perusahaan sebesar 2 persen dari omset penjualan barang.

“Pada dasarnya kami memberikan peluang usaha kepada Bumdes sebagai distributor penjualan barang ke warung – warung kecil diseputar wilayah desa tersebut,” tambah Sandri

Sandripun menyatakan, bilamana kerjasama usaha ini dapat berjalan dengan optimal, pihaknya akan memberikan kemudahan bagi warung kecil yang telah menjadi customer Bumdes untuk didaftarkan ibadah umroh, dengan catatan dan syarat Customer atau warung berbelanja barang dari Bumdes sebesar Rp.1 juta.

“Kalau untuk program ibadah umrah, kami akan mendaftarkan bagi setiap warung yang berbelanja ke Bumdes mencapai Rp.1 juta. Adapun sisa biaya bisa dilakukan warung dengan cara menabung atau arisan bergilir antar sesama warung. Intinya kami akan memberikan solusi usaha baik kepada Bumdes maupun masyarakat desa, karena harga sembako yang akan dipasarkan itu jauh lebih murah dari harga pasar,” terang Sandri

Sementara menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMPD Kabupaten Pandeglang, Muhtadi mengapresiasi program kerjasama antara Perusahaan CBP dengan Bumdes.

Karena menurut dia, kerjasama tersebut merupakan solusi positif dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Bahkan dengan dilakukannya usaha bersama antara Bumdes dan Perusahaan, dapat menambah pendapatan Bumdes itu sendiri, selain itu juga memberikan kemudahan masyarakat desa dalam pemenuhan kebutuhan bahan – bahan pokok dengan harga murah dan terjangkau.

“Kita harapkan kerjasama tersebut dapat berjalan dengan baik dan saling menguntungkan. Untuk PT CBP kami ucapkan terima kasih atas program – programnya membantu peningkatan perekonomian desa,” tukas Muhtadi

 

Pewarta : Heru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.