Peringati Wafatnya Raja Sisingamangaraja XII ke 115

MITRAPOL.com, Toba – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bersama Golongan Siraja Batak melakukan upacara peringatan 115 Tahun wafatnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di Soposurung, Balige, Jumat (17/06/22).

Upacara yang dipimpin oleh Inspektur upacara Pabung Toba Kodim 0210 TU/Toba Mayor K Napitupulu, Komandan upacara Kapten CPM Patar Sibuea. Selanjutnya mendengarkan secara singkat sejarah perjuangan pahlawan raja Sisingamangaraja XII, dilanjutkan dengan peletakan krans bunga di makam Raja Sisingamangaraja XII dan keluarganya .

Raja Sisingamangaraja XII gugur bersama ke dua putrinya dalam peperangan melawan kolonial Belanda di Si Onom Hudon, Humbang Hasundutan, 17 Juni 1907.

Selanjutnya Acara adat ritual Golongan Si raja Batak parbaringin malin marsada yang dipimpin Amir Marpaung. Mereka memanjatkan doa dan manortor bersama diiringi musik gendang –Gondang Sabangunan Batak.

Amir Marpaung mengatakan, tiap tahunnya mereka selalu dipercayakan oleh Pemkab Tobasa untuk ikut memimpin peringatan hari wafatnya Sisingamanga Raja XII.

Usai kegiatan, Pj Sekda kabupaten Toba Augus Sitorus ketika diminta tanggapannya mengatakan Semangat dan keteladanan Pahlawan Nasional Raja Sisingamanga Raja XII ini patut kita syukuri dan kita teladani karena merupakan satu perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan tanah batak, dan budaya Batak yang kita cintai ini.

“Oleh sebab itu marilah kita bersama mengucapkan syukur atas perjuangan Pahlawan Nasional kita Raja Sisingamanga XII terkhusus di tanah Batak,” sebut Augus Sitorus.

Senada disampaikan oleh Ketua Yayasan Putra putri Tapanuli sedunia Capt.Anthon Sihombing, ” Jadi ini perlu diteruskan oleh generasi-generasi muda bagaimana perjuangan Raja Sisingamangaraja 30 tahun berperang melawan penjajah, adalah waktu yang cukup lama dalam pertempuran melawan kolonial,” sebut Anthon Sihombing.

Kita harapkan ke depan ini, agar generasi muda merasa dan memahami bagaimana kekuatan Batak itu. Sekarang saya lihat erosi, kebatakan itu berkurang terutama generasi muda di perantauan. Saya mendekati 74 tapi saya masih usahakan ziarah, bahkan hari Minggu yg akan datang petinggi dari DPR akan datang ziarah kemari dan juga ke Bakkara karena mahal sejarah itu bagi kami.

“Kami Ketua Yayasan Putra Putri Tapanuli Sedunia akan bekerjasama dengan keturunan Raja Sisingamangaraja. Ini kepedulian kami, kami akan mengadakan pendidikan, penyuluhan bagi generasi muda bersama keturunan Raja Sisingamangaraja. Tujuan utama kami adalah bagaimana propinsi Tapanuli bisa terwujud,” terang Anthon.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Balige AKP Agus Salim siagian, Ketua I TP PKK Toba Ny.Erna grace Tonny simanjuntak, sejumlah pimpinan OPD Toba, para pejabat struktural lingkungan Pemkab Toba, personil TNI dan Polri , sejumlah pelajar SMAN 2 Balige, mahasiswa/i Arjuna laguboti, Mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII dan unsur masyarakat lainnya.

 

Pewarta : Abdi.S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.