IAIN Metro lepas Mahasiswa ikuti KKN Melayu Serumpun Aceh 2022

MITRAPOL.com, Metro  Lampung –
Rektor Institut Agama Islam Negeri ( IAIN )Metro, melepas para mahasiswa Angkatan III tahun 2022, dalam rangka kegiatan KKN Melayu Serumpun di Provinsi Aceh,Jumat ( 17/6 ).

Kegiatan ini di ikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Pulau Sumatera dan menjadi rangkaian kegiatan akademik dalam bidang pengabdian masyarakat sebagai bentuk partisipasi mahasiswa pada aspek sosial kemasyarakatan.

Selain pengabdian kepada masyarakat, Kegiatan KKN Melayu Serumpun ini juga sebagai bentuk kerjasama antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yang mana pesertanya dibagi menjadi beberapa kelompok.

Kelompok inilah bersama-sama akan beradaptasi dan terjun ke masyarakat luas mengimplementasikan ilmu di dapat dari bangku perkuliahan. Pada dasarnya, Ilmu tidak hanya terkungkung pada ranah teoritis, namun juga harus diimplementasikan secara praktikal. Dengan KKN diharapkan mahasiswa mampu menjadi lebih matang secara teori dan praktek.

Dalam penyampaiannya, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro,Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag. PIA secara resmi melepas rombongan KKN Melayu Serumpun, dan berpesan kepada sejumlah peserta,

” Menjaga diri, dan perkuat moderasi beragama dan jadi ajang prestasi bagi duta IAIN Metro. Tunjukkan bahwa kita adalah mahasiswa terpilih yang membawa citra positif di masyarakat ,” pesan Rektor Siti Nurjanah, kepada sejumlah mahasiswa di Aula Gedung IAIN Metro setempat.

Lebih lanjut, beliau mengistruksikan agar mahasiswa dapat beradaptasi harus selalu mengedepankan kultur Keagamaan dan kemasyarakatan agar program – program KKN dapat berjalan baik sesuai visi Perguruan Tinggi Keislaman yang kita usung ,” imbuhnya.

Ditambahkan, Ketua LPPM (Dr. H. Aguswan Khatibul Umam, MA. menuturkan, “Jadikan KKN ini menjadi ajang prestasi mahasiswa. Saya harap bisa bawa nama baik IAIN Metro ,” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua Tim utusan IAIN Metro, Dr. Ahmad Zumaroh juga berharap agar mahasiswa dapat membangun kordinasi dan kerjasama yang relevan dan kontinyu.

Terakhir, Sainul, SH.MA selaku Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat sekaligus sebagai DPL, menginginkan agar mahasiswa selama di lokasi KKN memperhatikan etika. Mulai dari penampilan, sikap perilaku dan kooperatif. Persiapan program yang akademis berbasi proposal ,” tutup Sainul.

Diketahui, para rombongan resmi diberangkatkan ke Provinsi Aceh tanggal 17 Juni 2022 dan masa KKN akan berakhir pada tanggal 30 Juli 2022.

Pelepasan mahasiswa selain Rektor IAIN Metro, juga turut dihadiri Rektor via zoommeeting Dekan Fakultas Syariah (H. Husnul Fatarib, pH.D) dan Ketua Lembaga Penelian dan Pengabdian Lasyarkat (LPPM: Dr. H. Aguswan Khatibul Umam) selaku Tim Uji Kompetensi dalam Monititor Pimpinan selama kegiatan) serta Dr. Ahmad Zumaroh selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan dan seluruh Staf LPPM.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.