Ratusan Ternak di Nagan Raya terkena PMK, Distannak terus upayakan penyembuhan

Kabid Peternakan drh, Safridhal

MITRAPOL.com, Kab Nagan Raya – Ratusan ternak kerbau dan sapi terkena Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Nagan Raya, anggota DPRK, Saiful Bahri meminta Pemkab segera beli obat obatan untuk penyembuhan, Rabu (22/06).

Menurut hasil pansus pihaknya, saat ini tercatat total kerbau dan sapi yang sakit 923, total kerbau dan sapi yang sembuh 718 dan 2 ekor diantaranya mati.

“Pemerintah Aceh, Pemkab Nagan Raya harus segera beli obat obatan, ini tidak bisa menunggu waktu lama karena ratusan ternak sudah terkena PMK,” terang politisi PKB itu.

Saat ini instansi terkait di Nagan Raya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar tidak melepas ternak secara liar, begitu juga ternak dari luar Kabupaten Nagan Raya agar tidak masuk selama pandemi ini masih ada.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan pertenakan Nagan Raya melalui Kabid Peternakan drh, Safridhal membenarkan perihal tersebut dan pihak nya terus melakukan upaya pengobatan untuk ternak yang terinfeksi PMK tersebut dengan menyuntik vitamin dan antibiotik.

“Kita secara terus menerus berupaya untuk menekan angka penyebaran PMK dengan mendatangi kandang-kandang warga dan memberikan pemahaman tentang cara mengatasi PMK agar para peternak bisa melakukan antisipasi Penyebaran penyakit ternak nya,” papar Safridhal

 

Pewarta : Teuku Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.