Percepat Turunkan AKI – AKB, Walikota Metro Sosialisasikan Program JAMA – PAI

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Dalam mendukung Percepatan Penurunan AKI ( angka kematian ibu ) dan AKB ( angka kematian bayi ). Pemerintah Kota Metro terus berupaya dan menggalakkan program JAMA- PAI. Pada kesempatan itu, Walikota Metro Wahdi menghadiri kegiatan Sosialisasi Jama-Pai di Aula Kecamatan Metro Barat, Selasa (21/06/2022).

Dalam penyampaiannya, Kepala Dinas Kesehatan Erla Andrianti, melaporkan tujuan strategi dari Jama-Pai adalah salah satunya untuk membantu pembangunan di Kota Metro.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk 0enerasi Emas Cemerlang’ dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta menurunkan angka stunting di tiap kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Walikota Wahdi, mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan Pemerintah Pusat. Dengan indikator pembangunan yang telah ditetapkan untuk penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengangguran, penutunan angka kematian ibu dan bayi, dan peningkatan indeks penghasilan.

“Dalam indeks pembangunan manusia, maka lahirlah Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA-PAI). Dalam gerakan bersama sinergi/kolaborasi, didalamnya ada nilai kepatuhan terintergrasi dalam satu bentuk inovasi layanan kesehatan, terutama untuk kesehatan ibu dan anak. Hal ini dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak bukan penurunan angka kematian, sehingga kedepan mejutu peta Indonesia emas 2045 di 100 tahun Indonesia merdeka,” paparannya.

Lanjutnya, kepala daerah harus bertanggung jawab penuh sesuai dengan sustainable development goal. Tentunya dalam kesepakatan 187 negara dalam 17 goalnya ada 169 elemen. Kita diwajibkan dalam pemenuhan kewajiban yang bersifat wajib berdasarkan STN (Standar Layanan Minimal).

“JAMA-PAI merupakan gerakan bersama semua komponen, termasuk dalam proses pembiayaan dengan tujuan promotif kesehatan. Sehingga hal itu tidak kearah promotif pengobatan. Kita punya program JAMA-PAI jaringan peduli anak ibu dalam komponennya adalah remetif promotif,” tutup Walikota Wahdi.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.