100 Personel Brimob Polda Sumut di Berangkatkan ke Papua

MITRAPOL.com, MEDAN – Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengirimkan 100 personel Brimob ke Papua.

Pelepasan dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak di halaman depan Polda Sumut, Jumat (24/6/2022).

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak mengatakan, pengiriman Brimob usai pemerintah mengumumkan pemekaran daerah baru di Papua.

Nantinya mereka akan ditempatkan di Polres Jayapura.

Sebelum diterbangkan, Irjen Panca memeriksa kelengkapan personel termasuk senjata dan amunisi.

Dia juga menguji kemampuan anggotanya soal prosedur apabila kerusuhan pecah salah satunya yakni penggunaan jenis peluru dan peralatan lainnya.

“Tugasnya adalah sebagai satuan kompi penanggulangan huru hara terkait kebijakan pemerintah pembentukan otonomi baru di Papua. Menyikapi kondisi Kamtibnas pasca pembentukan otonomi daerah baru,” kata Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak dalam pidato pelepasan 100 Brimob, Jumat (24/6/2022) sore.

Terdapat enam arahan penting dari Kapolda Sumut agar selalu dijalankan oleh personel Brimob yang dikirim ke Papua, diantaranya mampu melakukan pendekatan humanis terhadap warga lokal serta tak melakukan kesalahan.

Selanjutnya memperhatikan keselamatan, mematuhi protokol yang sudah diperintahkan pimpinan dan harus mampu mengikuti arahan yang diberikan.

Panca menyebut Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob berjumlah 100 orang akan berada di Papua selama sebulan. Masa itu pun dapat berubah seiring perintah Mabes Polri melihat situasi.

Mereka juga diharapkan mampu sesegera mungkin beradaptasi. “Semangat bertugas dan tetap semangat. Salam untuk keluarga saudara.”

 

Pewarta : Sahar Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.