Dinsos Gelar Pembinaan Pendamping PKH, untuk Percepatan Graduasi Mandiri KPM

MITRAPOL.com, Pandeglang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang menggelar pembinaan bagi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di vila Kecamatan Pagelaran, Jumat (24/6/2022).

Kegiatan tersebut diikuti 25 Kecamatan dengan peserta 130 Orang, para pendamping melakukan Graduasi mandiri bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dengan tepat sasaran melalui verivali Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kepala Dinsos Kabupaten Pandeglang Nuriah mengatakan, ujung tombak dalam pelaksaan graduasi mandiri adalah pendamping PKH. Untuk itu perlu dilakukan pembinaan bagi pendamping PKH.

Lanjut ia,”Graduasi mandiri adalah keluarga penerima manfaat yang sudah mengikuti program bansos, namun secara sukarela mengundurkan diri karena dianggap sudah mampu mencukupi kebutuhan mereka sehari – hari. Sehingga tidak terlepas dari kinerja para pendamping PKH yang optimal dalam pelaksanaan program bantuan sosial tersebut,” ujarnya di acara pembinaan Sumber daya manusia Program Keluarga Harapan tingkat Kabupaten Pandeglang.

Selain itu, kata Nuriah, pihaknya juga melakukan pembahasan terkait Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial dalam perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai aplikasi.

“Makanya kami menggelar rakor ini, selain menjadi agenda tahunan, acara ini pun sebagai motivasi bagi para pendamping PKH untuk terus meningkatkan kinerja supaya optimal. Mereka selain sudah melaksanakan amanat program-program dari pusat dan kitapun dari kabupaten ikut mendampingi supaya program-program tersebut dapat berjalan optimal,” tutupnya.

 

Pewarta : Muklis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.