Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Polda Sulut gelar pekan disiplin

MITRAPOL.com, Manado Sulut – Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Pekan Disiplin secara serentak di Polresta dan Polres jajaran dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Tak tanggung-tanggung, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno pun menugaskan para Pejabat Utama Polda Sulut sebagai Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Pekan Disiplin untuk turun langsung ke Polresta dan Polres jajaran sesuai jadwal yang telah ditentukan, mulai 24 Juni ini.

Terdapat dua Pamatwil yang melaksanakan Pekan Disiplin dimasing-masing Polresta dan Polres jajaran, turut didampingi dua personel Bidang Propam Polda Sulut.

Sementara itu Kapolda Sulut mengatakan, ada beberapa sasaran dalam Pekan Disiplin ini.

“Sasaran Pekan Disiplin antara lain, kerapian dan kebersihan Mako, kesiapan anggota, sikap tampang, pakaian atau seragam, maupun perlengkapan lainnya, termasuk kerapian dalam memelihara peralatan,” ujar Irjen Pol Mulyatno, Jumat (24/6) siang, di Mapolda Sulut.

Hal tersebut, lanjut Irjen Pol Mulyatno, tentunya untuk mendukung pelaksanaan operasional tugas Polri.

“Kalau personel dan Makonya sudah siap, pasti operasionalnya pun akan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan,” katanya.

Irjen Pol Mulyatno menjelaskan, jika ditemukan hal-hal yang menjadi sasaran tersebut, tentunya akan diberikan sanksi, baik dari yang paling ringan yaitu teguran kemudian tindakan disiplin.

“Dan jika ada yang melakukan pelanggaran yang lebih besar atau berat juga akan kita lakukan sidang kode etik. Tapi mudah-mudahan hal ini tidak akan terjadi, ini sifatnya adalah untuk mencegah agar anggota tidak melanggar disiplin. Pekan Disiplin ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin, baik disiplin diri, disiplin Mako maupun disiplin operasional,” jelasnya.

Irjen Pol Mulyatno menambahkan, penegakan disiplin akan dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya pada momen tertentu saja.

“Supaya setiap saat kalau ditemukan pelanggaran segera bisa dilakukan tindakan, sehingga yang bersangkutan bisa memperbaiki diri,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Irjen Pol Mulyatno, penegakan disiplin juga akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Apabila terjadi penurunan tingkat kedisiplinan, maka penegakan akan dilakukan secara terus menerus.

“Dan jika kedisiplinannya sudah meningkat atau sudah baik, maka tinggal memelihara. Diharapkan dengan kesiapan personel, peralatan, dan perlengkapan, maka operasionalnya pun bisa berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga akan dapat dengan mudah untuk mencapai tujuan serta sasaran tugas yang direncanakan,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Untuk jadwal Pekan Disiplin pada Jumat (24/6), dilaksanakan di Polresta Manado, Polres Minahasa Utara, Polres Bitung, Polres Tomohon, Polres Minahasa, Polres Minahasa Selatan, dan Polres Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, Pekan Disiplin dilaksanakan di Polres Kotamobagu, Polres Bolmong, Polres Bolmong Timur, Polres Bolmong Utara, dan Polres Bolmong Selatan.

Pekan Disiplin ini dilaksanakan dalam bentuk apel pagi dipimpin oleh Pamatwil masing-masing Polresta dan Polres jajaran.

Dilanjutkan dengan penegakan ketertiban dan disiplin (gaktiblin) oleh Pamatwil bersama personel Bidang Propam Polda Sulut terhadap seluruh anggota Polri maupun PNS Polresta dan Polres setempat.

 

 

Pewarta : Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.