Gencar Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan, CSR CMI Galakkan Program Demplot Pertanian

MITRAPOL.com, Ketapang Kalbar – PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) dalam mendorong kemandirian ekonomi berkelanjutan menggalakkan berbagai program disektor ekonomi rill.

Salah satu program bertajuk ekonomi tersebut diwujudkan dalam pengembangan program Demplot Pertanian yang dilakukan di Desa Sandai Kanan, Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Hal tersebut didasarkan pada tingginya kebutuhan komoditas pertanian terutama pertanian pangan di Kecamatan Sandai.

Ketersediaan pangan di Kecamatan Sandai sendiri masih dipenuhi dari luar daerah seperti Ketapang atau Pontianak, padahal wilayah berkebun di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang Kalbar, masih tergolong luas. Namun berkebun sayur bukan salah satu kegiatan yang diminati oleh sebagian besar masyarakat. Prosesnya yang lama sampai ketahap pemasaran membuat sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berkebun sawit disbanding berladang sayur.

“Hal tersebut senada dengan penyampaian Budi selaku anggota kelompok tani dan selaku pedagang sayur di Pasar Sandai. Dimana pemenuhan kebutuhan tanaman sayur sangat tinggi di pasaran, sedangkan ketersediaan sayuran segar sangat sedikit, mengingat jauhnya jarak angkut sayuran hingga sampai ke konsumen,” ucap Budi pada 29 Juni 2022

Kelompok tani sayuran yang saat ini menjadi mitra binaan CMI, melakukan budidaya tanaman sayur-mayur pada lahan seluas kurang lebih 4 Ha. Lahan tersebut ditanami berbagai macam jenis sayuran berdasarkan pada kebutuhan pasar lokal, meliputi tanaman cabai, terung, gambas, labu dan lain sebagainya. Guna mengoptimalkan pertanian sayuran yang sedang digeluti oleh Kelompok Tani di Desa Sandai Kanan, CMI menyalurkan bantuan tahap 2 berupa bantuan bibit, herbisida, insectisida, bantuan pupuk dan lain-lain.
“Berbagai bentuk inisiasi program CSR merupakan bentuk kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasional Perusahaan. Program-program tersebut diharapkan mampu meningkatakan ekonomi masyarakat serta menjadi pendapatan alternatif baru bagi masyarakat.” ujar Sugeng Sulistiyo, Manajer CSR-LA site Sandai.

Selain itu, program dalam bidang ekonomi rill juga merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam pencapaian Sustainable Develeopment Goals (SDGs) terutama dalam pencapaian ketahanan pangan dan mendukung pertanian berkelanjutan,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Kuat, selaku Kelompok Tani Desa Sandai Kanan pada penyerahan bantuan program demplot pertanian. “Petani mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada CMI atas bantuan dan dukungan terhadap pengembangan program pertanian yang selama ini dibina oleh Perusahaan.

“Petani siap berkolaborasi dengan Perusahaan dalam memajukan program pertanian melalui pertanian berkelanjutan, pungkasnya,” pungkasnya.

 

Pewarta : Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.