Kapolres Hadiri Rakor Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku di Kantor Bupati Tapteng

MITRAPOL.com, Tapteng – Kapolres Tapanuli Tengah (Tapteng), AKBP Jimmy Christian Samma hadiri rapat kordinasi (Rakor) pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Ruang Rapat Cenderawasih Kantor Bupati Tapteng di Pandan, Senin (4/7/2022) siang.

Dalam rakor yang dipimpin PJ Bupati Tapteng, Yetty Sembiring, AKBP Jimmy Samma mengatakan, bahwa Kabupaten Tapteng berada pada urutan ke 9 di Sumatra Utara terkait PMK.

Kapolres menjelaskan, bahwa Polres Tapteng sudah melakukan rapat kordinasi dengan Dinas Pertanian Tapteng. Melakukan pendataan hewan ternak secara ril di lapangan, dan sudah melakukan sosialisasi kepada pemilik hewan ternak.

“Kita harus menyiapkan strategi guna mencegah hewan keluar tanpa dilakukan pengecekan dari Dinas Pertanian, dan juga jangan mempersulit dalam mengeluarkan SKKH kepada masyarakat. Jika ada harga yang harus di bayar harus jelas,” kata Jimmy Samma.

Kapolres juga mengatakan sudah memerintahkan Sat Lantas agar melakukan pengecekan terhadap hewan ternak yang melintas, apakah hewan yang dibawa sudah dilengkapi dengan SKKH atau belum.

“Polres Tapteng siap mengawal kegiatan dari Dinas Pertanian Tapteng, Harapan saya, teman teman pak camat bersama bhabinkamtibmas dan pemilik hewan untuk saling berkomunikasi agar Idul Adha nanti berjalan dengan baik,” jelasnya.

Terkait pembentukan pos pemeriksaan hewan di empat titik di kabupaten tapteng, untuk pengendalian PMK di wilayah itu akan didirikan posko yaitu di perbatasan dengan Aceh, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). dan Padangsidimpuan dan saya minta bila sudah siap, Polres akan segera menempati pos tersebut.

“Tujuan posko tersebut untuk mencek hewan ternak yang keluar maupun yang masuk dari dan ke kabupaten tapanuli tengah, jelang Idul Adha,” tambah Kapolres.

“Pada pemeriksaan hewan nanti akan dilaksanakan secara satu per satu, tidak boleh secara bergerilya dikarenakan dapat menyebarkan virus PMK,” ungkapnya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini antara lain, mewakili Dandim, Danlanal dan Dansatradar, mewakili Ketua DPRD Tapteng, Kepala Kemenag, Pimpinan OPD terkait dan Camat se-Kabupaten Tapteng.

 

Pewarta : Sdb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.