Antisipasi Penyebaran PMK, 3 Pilar Kecamatan Sukorejo lakukakan pemeriksaan

MITRAPOL.com, Pasuruan – Danramil 0819/23 Sukorejo Kapten Arh Nanang Sugito bersama 4 orang Anggota dan Instansi terkait melaksanakan kegiatan pemeriksaan di Posko Penyekatan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Wilayah Kecamatan Sukorejo di Jalan Raya Sukorejo – Bangil dan Desa Lecari Kab Pasuruan, Kamis (6/7/22).

Pemkab Pasuruan menerapkan penyekatan di tiap perbatasan untuk menghindari hilir mudik sapi di tengah fokus melakukan pengobatan. Pemeriksaan angkutan ini untuk menyikapi merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) agar tidak kian meluas.

Petugas gabungan dikerahkan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan, yang menjadi akses lalu lalang kendaraan antar kota. Hasilnya, satu di antara kendaraan yang diperiksa, diketahui mengangkut sapi.

Penerapkan pemeriksaan kesehatan hewan ternak di atas kendaraan. Sapi yang diangkut pickup dengan 1 ekor Sapi milik H. Karnoto dari Desa Cendono Purwosari di kirim ke Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo dalam kondisi sehat.

Kapten Arh Nanang Sugito mengatakan,’’operasi gabungan digelar guna mengantisipasi penyebaran PMK pada hewan ruminansia berkuku belah. Dalam operasi gabungan ini penyekatan dilakukan di beberapa titik perbatasan antar wilayah,’’Ucap Danramil.

Lebih lanjut, petugas akan rutin menggelar penyekatan kendaraan angkutan ternak hingga waktu yang belum ditentukan. ’’Penyekatan ini akan digelar rutin selama PMK masih ada. Dan penyekatan ini dilaksanakan  di wilayah perbatasan Pasuruan,’’Pungkasnya.

 

Pewarta : Lan/pen0819

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.