Danrem 083/Bdj Sidak Rumah Potong Hewan dan Pelaksanaan operasi penyekatan angkutan Hewan di Wilayah Probolinggo

MITRAPOL.com, Probolinggo Jatim – Percepatan Pengendalian  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan terus digencarkan di seluruh wilayah Indonesia oleh seluruh jajaran TNI, Polri dan instansi terkait, Di wilayah Korem 083/Bdj, Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo, S.I.P, melakukan sidak di tempat Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) dan mengecek pelaksanaan operasi penyekatan angkutan hewan di wilayah Kab/Kota Probolinggo, Rabu, (06/07/2022)

Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak menjadi perhatian pemerintah untuk segera ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder agar penyakit tersebut tidak berimbas kepada  perekonomian rakyat, terutama bagi para Peternak.

Korem 083/Bdj bergerak cepat sesuai arahan Pangdam V/Brw untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di wilayah Jatim. Percepatan penanganan dilakukan untuk menjamin keamanan dan kesehatan pad hewan.

“Kami akan terus menggencarkan operasi penanggulangan PMK di Wilayah jajaran Korem 083/Bdj dan secara teknis sudah di instruksikan ke seluruh satuan jajaran setelah arahan dari Pangdam V/Brw

Pada hari ini juga (Rabu,06/07/2022) sengaja sidak di wilayah Probolinggo untuk meyakinkan upaya-upaya  pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan berjalan efektif dan hasil maksimal serta Pelaksanaan operasi penyekatan angkutan Hewan dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) menjadi sasaran untuk intensif dalam penananggulangan PMK selain diadakan Sosialisasi, himbauan dan edukasi kepada masyarakat peternak. Agar pengendalian PMK secara masif dilaksanakan”, tegas Danrem 083/Bdj

Terlihat dalam sidak di RPH Sentong Kec. Krejengan dan Kec. Mayangan tersebut Danrem 083/Bdj didamping Letkol Arh Arip Budi Cahyono., SE. (Dandim 0820/Probolinggo), Danramil, Kapolsek, Camat, Pj Pasiops, Distan Kota/Kab. Probolinggo dan Kepala Rumah  Pemotongan Hewan baik Kota/Kab. Probolinggo melihat langsung sarana dan prasarana yang tersedia di RPH tersebut. Kolonel Yudhi memberikan arahan kepada pimpinan RPH agar dipedomani ketentuan -ketentuan dalam pelaksanaan pemotongan hewan agar daging ternak aman dan terjaga kesehatannya untuk konsumsi masyarakat.

Secara marathon setelah sidak di RPH,  Danrem bersama rombongan melanjutkan pengecekan di Posko Terpadu dalam rangka pengawasan terhadap hewan ternak baik masuk dan keluar Kota/Kab. Probolinggo yang terletak di Desa Klaseman Kec Gending dan Kel. Wonoasih Kec. Wonoasih untuk memastikan Posko Terpadu siap untuk melaksanan pengawasan/monitoring  hewan ternak. Kendaraan yang mengakut hewan ternak Danrem 083/Bdj  menyempatkan dan memberhentikan untuk memeriksa kendaraan Angkutan pembawa hewan yang melawati jalan raya tersebut, dan di lakukan penyemprotan disinvektan oleh  personel Koramil 0820/19 Gending agar aman dari PMK”, ” Penyemprotan ini merupakan upaya untuk penanggulangan virus, agar hewan yang dibawa aman dari PMK”, Ucapnya.

Semoga dengan digencarnya operasi penyekatan angkutan hewan dan kesiapan RPH masing-masing wilayah diharapkan penaggulangan PMK dapat terlaksana dengan cepat”, ujar Kolonel  Yudhi.

 

Pewarta : Lan/penrem083

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.