Kelompok Tani Binaan CMI Sukses Panen Perdana Bawang Merah di Desa Karya Baru

MITRAPOL.com, Ketapang. Kalbar – PT Cita Mineral Investindo Tbk sebagai bagian dari Harita Group berhasil melaksanakan panen perdana program CSR budidaya bawang merah yang dilakukan di Desa Karya Baru, Kecamatan Marau, Kalimantan Barat pada, Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Kegiatan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) CMI yang bertujuan untuk menciptakan peluang usaha baru demi tercapainya kemandirian ekonomi masyarakat lewat bidang pertanian. Program ini juga diinisiasi dengan melihat adanya dorongan Pemerintah setempat sebagai contoh Kelompok Tani untuk Kelompok Tani lainnya.

Dalam program kali ini, bantuan yang diberikan CMI pada Program Budidaya Bawang Merah ini berupa pembukaan lahan, pemberian bibit bawang merah sebanyak 250 kg, pupuk sebanyak 1,100 kg dan sewa traktor.

Program Budidaya Bawang Merah yang dijalankan oleh Kelompok Tani Sebakian memiliki lahan seluas 0,25 Hektar, telah menghasilkan bawang merah sebanyak 3,5ton pada panen perdananya. Berbagai prosespun dilakukan mulai dari persiapan lahan, pengolahan lahan, perlakuan khusus bibit sebelum tanam, penanaman, pemeliharaan tanaman, panen dan hingga pasca panen.

Panen raya dihadiri dan diikuti secara langsung oleh Ketua Kelompok Tani Sebakian, Sardiyanto, Sekdes Karya Baru, Dini Nurdin, PPL Marau, Rendra Purnawan Japesa, Camat Marau, Jon Henri P.P. Girsang dan juga Manajer CSR-LA CMI, Agustinus.

Agustinus mengungkapkan bahwa Program Budidaya Bawang Merah ini menjadi wujud nyata komitmen Perusahaan untuk menjalankan pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan berkelanjutan.

“Kami berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam menjalankan program-program CSR Perusahaan sehingga mampu menciptakan manfaat dan nilai yang dinikmati bersama (creating shared value). Dalam program ini, kami melibatkan Pemerintah BPP Kecamatan Marau untuk menjalankan program,” ungkap Agustinus.

Sementara itu, Camat Marau, Jon Henri P.P. Girsang menyambut baik dilaksanakannya Program Budidaya Bawang Merah tersebut. “Ini merupakan salah satu bukti bahwa kita bisa mengembangkan tanaman sayuran dilingkungan sekitar pemukiman,” kata Jon.

Dia mengharapkan agar program tersebut dapat terus dikembangkan dan terus berkesinambungan.

Ketua Kelompok Tani Sebakian juga mengucapkan terima kasih banyak kepada CMI. “Kami selaku Kelompok Tani Sebakian sangat berterima kasih karena kita bisa menanam dan akhirnya bisa panen juga. Manfaatnya luar biasa. Semoga ini nantinya dapat dijadikan oleh masyarakat sebagai mata pencaharian,” kata Sardiyanto.

 

Pewarta : Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.