Polisi akan tetapkan Tersangka PDP sebagai DPO jika tetap mangkir

MITRAPOL.com, Kotamobagu – Tersangka dugaan pelanggaran Undang – undang (UU) informasi dan transaksi Elektronik (ITE) PDP alias Pamela, yang ditanggani Kepolisian Resort (Polres) Kotamobagu, tak pernah hadir untuk memenuhi panggilan pemeriksaan. Jika Pamela masih mangkir, polisi akan menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron.

“Pada saat diterbitkan surat panggilan ke 2 sudah disertai dengan surat perintah membawa, sehingga penyidik lansung mendatangi rumahnya yang beralamatkan di Kelurahan Woloan 3 Tomohon akan tetapi yang bersangkutan tidak ada di rumahnya,” ungkap Kasie Humas Polres Kotamobagu Iptu I Dewa Dwiadiyana, Kamis (07/07/2022).

I Dewa juga mengatakan, kalau tersangka tidak juga datang untuk memenuhi panggilan maka akan diterbitkan DPO

“Saya konfirmasi penyidik kemarin, sudah dua kali dipanggil, panggilan kedua disertai dengan surat perintah membawa yang bersangkutan tidak datang memenuhi panggilan, sehingga akan diterbitkan DPO,” terangnya.

PDP alias Pamela sendiri belakangan diketahui sering membuat postingan atas keberadaanya yang saat ini di duga berada di Kota Jakarta.

“Bahkan belum lama ini, dia juga berada di Polres Metro Jaksel, yang di duga sedang melaporkan salah satu warga pada persoalan lain,” ujar sumber yang meminta tidak menyebut namanya.

Diketahui PDP alias Pamela ditetapkan tersangka Berdasarkan laporan Polisi Nomor LP/B/28/III/2022/SULUT/SPKT/RES-KTG/SEK-KTG, Tanggal 8 Maret 2022.

Dalam Konfrensi Pers yang dipimpin langsung Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK yang didampingi Wakapolres dan kasat Reskrim serta kasi humas polres Kotamobagu pada, Senin (06/06/2022).

langkah – langkah yang telah dilakukan Polres Kotamobagu yaitu:
1 Melakukan Pemeriksaan terhadap korban, saksi dan ahli bahasa, Pidana serta ahli ITE.
2 Telah melakukan pemanggilan terhadap tersangka, An, PDP alias Pamela.
3 Melakukan penyitaan barang bukti antara lain :

1 Bukti Screenshoot Postingan akun Facebook an, PDP alias Pamela.
2 Hasil Screenshoot profil akun Facebook an, PDP alias Pamela dengan URLhttps://WWW.Facebook.co/Pamelladamaiyanti

Adapun pasal yang dilanggar, Pasal 45 ayat (3) sub pasal 27 ayat (3) Undang – undang no 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas undang – undang RI.No 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi Elektronik atau 310 KUHP Pidana.

Dimana dengan sengaja tanpa hak, mendistribusikan dan atau mentransmisikan atau membuat dapat di aksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik, yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik.

 

Pewarta : Cr07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.