Kapolda Sumsel Pimpin Upacara Wisuda Purnabakti Anggota Polri dan PNS Polri Polda Sumsel

MITRAPOL.com, PALEMBANG – Bertempat distadion Atithira Wirabhakti Komplek Pakri Palembang dilaksanakan upacara wisuda Purnabakti anggota Polri dan PNS Polri Polda Sumsel, Selasa (12/07).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto,MH . dan dihadiri oleh Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan SIK SH MH Pejabat Utama Polda Sumsel dan Pengurus Daerah Bhayangkari Sumsel

Kapolda Sumsel melalui Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM dalam kesempatannya mengatakan, Kapolda Sumsel mengucapkan terima kasih kepada para Purnawirawan yang hadir pada kegiatan pagi hari ini meskipun dilaksanakan ditengah-tengah Pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan tentunya kita berdoa mudah-mudahan Wabah Covid-19 segera berakhir dan kita semua dapat menjalankan kehidupan dalam keadaan normal.

“Saya merasa senang bisa melihat rekan-rekan yang memasuki masa pensiun dalam keadaan sehat wal’afiat, suatu apresiasi dari Polri yang telah melepas dengan hormat kepada Anggota Polri yang memasuki Masa Purnawirawan yang mana telah memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya Institusi Polri,” ucap Supriadi MM.

Pimpinan juga menambahkan bahwa kegiatan wisuda purnabakti yang kita lakukan adalah merupakan wujud penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selain itu juga dimaksudkan sebagai pengikat Tali Persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

“Acara seperti ini sudah ditradisikan secara rutin setiap tahun kepada para anggota yang akan memasuki purna tugas, baik di Polda Sumsel dan Polres Jajaran. Untuk Diketahui bahwa tahun 2022 anggota dan PNS(Purn) Polri Polda Sumsel dan jajaran yang mengikuti upacara tradisi wisuda purna bhakti sebanyak 240 orang ,dengan perincian sebagai berikut Polda sumsel sebanyak 91 orang Polrestabes Palembang 49 orang, dan Polres jajaran 100 orang,” ujar Supriadi, MM.

Lanjut dikatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan tugas Polri sebagai Pemelihara Kamtibmas, Penegak Hukum, Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat merupakan suatu tugas mulia dalam rangka pengabdian sebagai Insan Bhayangkara. Pengabdian tersebut membutuhkan kerja keras, disertai dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam pelaksanaannya.

“Seiring dengan berjalannya waktu, pengabdian selaku Insan Bhayangkara akan berakhir dan digantikan oleh generasi penerus, karena adanya batasan usia dalam kedinasan. Purna tugas merupakan suatu hal yang bersifat alamiah dan hendaknya disikapi dengan jiwa yang ikhlas dan penuh semangat,” pungkasnya

Terpisah Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Ucu Kuspriyadi,SIK,MH,MSimelalui Kabag Watpers AKBP Fahruddin Jaya,SIK mengatakan Sebagai manusia biasa kita memandang hidup sebagai panggilan, kita diciptakan oleh tuhan Allah SWT sebagai hambanya untuk membuat dunia lebih baik. Segala yang kita lakukan diharapkan dapat bermakna dan kita maknai sebagai ibadah serta pengabdian kepadanya. Sehingga bilamana mendapat tugas bukan sebagai beban tetapi kesempatan untuk beramal lebih baik dan lebih banyak, kesempatan untuk berbagi serta memberi manfaat bagi sesama manusia maupun lingkungannya ucap Mantan Kasubbid Provos Polda Sumsel.

Purna tugas juga dapat dipandang sebagai babak kehidupan baru yang pasti akan dijalani oleh setiap Anggota Polri, hendaknya disambut dengan suka cita dengan tetap menjaga etos kerja, nama baik pribadi dan Citra Polri, serta senantiasa menjadi teladan bagi lingkungan masyarakat. Jati diri Insan Polri tidak terbatas pada waktu menjalani kedinasan sebagai Anggota Polri namun harus tetap ditunjukan dalam bentuk dedikasi dan integritas dalam lingkungan masyarakat saat purna tugas nanti.

“Atas nama pribadi dan Pimpinan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendukung penyelenggaraan acara ini. Semoga tuhan yang maha esa merestui dan memberikan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya

Dari pantauan awak media dalam kegiatan tersebut turut ditampilkan atraksi marching band Atidhira wirabhakti yang memukau para hadirin,serta penyerahan obor estafet pengabdian dari perwakilan wisudawan Kombes Pol Drs Bambang Priyo wardhono diserahkan kepada kepada Ipda Zakwan Rafqi,S Tr k dan para wisudawan melewati gerbang pora dengan lantunan puisi sembari dihantarkan oleh kapolda Sumsel dan PJU dengan perwakilan wisudawan dengan mengayuh becak menuju pintu keluar komplek Pakri Palembang.

 

Pewarta : Alex

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.