5 unit rumah di kawasan objek wisata budaya Ludes di Lalap si Jago Merah, Anton Charliyan : Harus Segera di Bantu

MITRAPOL.com, Pada hari Senin 11 Juli 2022 15.44 WIB, sebanyak 5 unit rumah di kawasan objek wisata budaya “Kampung Kuta” habis terbakar, tepatnya di lingkungan RT 01 dan RT 02 RW 04 Dusun Kuta Desa Karangpaningal Kec. Tambaksari Kab. Ciamis.

“Hal itu disampaikan Ketua RW Wowo Nandar kepada anggota Tagana Kabupaten Ciamis.” Ada 5 unit rumah warga kami yang terbakar, tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian material diperkirakan sekitar Rp.600 juta,” ujarnya.

Kronologis kejadian, awal mula seorang warga bernama Warsim diduga membakar sampah di depan rumah yang tertiup angin kencang,lalu merambat ke rumah pertama ke rumah miliknya Warsim, kemudian merambat kerumah Saryo karena kebanyakan rumah atap rumbia dan ijuk, dikarenakan angin kencang langsung merambat ke rumah milik Tatang kemudian ke rumah Dasman dan terakhir kerumah Carla hingga rumah semua rata dengan tanah.

Pada saat kejadian, warga dusun bersama perangkat desa, relawan TAGANA, Babinsa,Babinmas, PLN, Pos Damkar Rancah, Pos Damkar Kawali,GSR (Galuh Scout Rescue) turun tangan untuk mengatasi situasi agar kebakaran tidak merembet ke rumah lain yang kebanyakan rumah beratap rumai dan ijuk.

Ketika mendapat kabar duka tersebut, pegiat budaya yang juga tokoh masyarakat Abah Anton Charliyan pun berkomentar.” Warga kampung adat kuta ciamis yang rumahnya terbakar (5 unit rumah) perlu bantuan segera. Harus dibantu maksimal dari negara baik pemda maupun BUMN, minimal dibangunkan kembali, sebagaimana pernah terjadi dulu di Kampung Dukuh tahun 2010 an malah puluhan rumah yang terbakar, Pemda Garut dan DPRD saat itu langsung bantu untuk ganti bangun rumah rumah 2 adat yang terbakar.

“Adapun saat ini di Kampung Adat Kuta Ciamis hanya 5 buah rumah karena merupakan aset budaya yang tak ternilai,sehingga perlu segera dibantu secara maksimal,” ujar mantan Kapolda Jabar. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.