Sobang Bersinergi, Forum Media, LSM dan Ormas menggelar Deklarasi

MITRAPOL.com, Lebak – Sejumlah wartawan media, Lembaga swadaya masyarakat dan Organisasi kemasyarakatan di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak meggelar Deklarasi forum FKMLS di Cafe Situ Parengrang, Desa Sukamaju, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak pada, Kamis (14/7/2022) kemarin.

Forum Komunikasi Media, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan Kecamatan Sobang merupakan wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, menyatukan persepsi dan meningkatkan sinergitas media, LSM dan Ormas dengan Pemerintah.

Deklarasi FKMLS diikuti profesi wartawan dari media Buser Nusantara, Nasional Exspose, Mitrapol.com, Berijuang.com, Real Banten dan Cakratara.com. sementara dari Lembaga dan Organisasi yang ikut berkolaborasi diantaranya Ormas GAIB, Ormas Jarum, Pemuda Pancasila, Badak Banten Perjuangan dan LPPI.

Sebelum FKMLS di Deklarasikan Wartawan LSM dengan Ormas menggelar diskusi guna menyamakan persepsi masing-masing mengenai FKMLS sekaligus mengukuhkan Pengurus secara Aklamasi.

Solihin, Ketua PAC Ormas GAIB ditunjuk sebagai Ketua didampingi Ubay C. Soebari ketua PAC Ormas Jarum Indonesia dan Jurnalis media mitrapol.com sebagai Wakil Ketua (Waka) Sekertaris Agun Ballak dan Bendahara Opik Nuryadi keduanya adalah wartawan media Beritajuang.com.

“Setelah ada Forum ini, kita akan satukan Visi-misi dan menyamakan persepsi guna menciptakan stabilitas serta kondusifitas di Kecamatan Sobang. Forum ini rumah kita jangan pernah berhenti berbenah untuk menjaga dan merawatnya,” kata Solihin

Nampak sejumlah Kepala Desa, Intansi, Lembaga Pendidikan dan Pengusaha lokal menghadiri Deklarasi yang digelar sederhana. Kedatangan tamu undangan sekaligus menyambut baik terbentuknya forum FKMLS di Kecamatan Sobang.

Turut Hadir Ketua Assosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Sobang Haris Bahtiar, SH. dirinya memberikan Selamat kepada Ketua beserta jajaran pengurus yang telah ditunjuk pada jalannya Musyawarah Mufakat.

Haris Bahtiar yang familier dipanggil Jaro Bule (JB) mengatakan, Pendirian wadah atau forum seperti ini sudah lama diharapkan supaya, media LSM dan Ormas bisa berada dalam satu wadah sehingga dapat lebih mudah melakukan Program Kegiatan ditengah masyarakat.

“Kami Apdesi Sobang akan mendukung kemajuan FKMLS Bahkan saya sudah memikirkan bagaimana forum ini jangan sekedar terbentuk tapi tidak berjalan. Forum ini harus menjadi wadah pembinaan individual merubah mindset juga image masyarakat, Rencana kerja forum harus jelas supaya keberadaan Media, LSM dan Ormas di Kecamatan Sobang terasa manfaatnya oleh masyarakat,” tegas Haris JB.

Haris Bahtiar juga berharap, Forum FKMLS bisa menjadi mitra Pemerintah secara proporsional.

“Kami bukan ingin dibela ketika ada permasalahan, silahkan lakukan monitoring sesuai tupoksi ketika kami (Pemerintah) ada kesalahan perlu dikoreksi agar kami tau dimana letak kekurangannya sehingga bisa segera dilakukan evaluasi sehingga tidak menjadi temuan masalah dikemudian hari,” imbuhnya

Dengan terbentuknya Forum Organisasi Non-Pemerintah (Ornop) atau Non-Government Organization (NGO) Ormas, LSM dan media tidak ada lagi preseden buruk akibat ulah oknum melanggar kode etik sehingga berdampak pada menjatuhkan martabat.

Selain itu, FKMLS akan bisa memfasilitasi kunjungan LSM media atau Anggota Ormas dari luar daerah saat akan melakukan liputan berita, monitoring atau tugas lain dari Pimpinannya.

 

Pewarta : Ubay/Deden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.