Mau kunjungan tatap muka ke Lapas Brebes ?  ini syarat dan alur mekanismenya

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – Layang Kunjungan tatap muka bagi Narapidana dan Tahanan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Brebes dibuka kembali, hampir selama dua Tahun layanan kunjungan tatap muka tersebut di tiadakan akibat Pandemi Virus Covid-19.

Dibukannya kembali layanan kunjungan tatap muka berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-12.HH.01.02 TAHUN 2022. Tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan Yang Melibatkan Pihak Luar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Kalapas Brebes Isnawan Amd.IP.SH.MH menjelaskan berdasarkan surat edaran dari dirjen pemasyarakatan maka Layanan kunjungan di Lapas Brebes dibuka kembali sesui dengan syarat dan ketentuan. Sabtu, (16/07/2022)

“Karena masih suasana Pandemi Covid-19 pelaksanaan layanan kunjungan tatap muka menerapkan protokol kesehatan yang ketat juga dengan syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan,” jelas Isnawan

“Kunjungan bagi Tahanan dan Narapidana diberikan waktu yang berbeda dan hanya dapat di besuk oleh keluarga inti saja hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan pengunjung,” imbuh Isnawan

Layanan kunjungan tatap muka dikhususkan bagi keluarga inti dari Narapidana atau Tahanan seperti Ibu, Bapak, Suami atau Istri.

Adapun syarat bagi keluarga untuk dapat melakukan layanan kunjungan tatap muka di Lapas Brebes, pengunjung sudah mendapatkan Vaksin Booster bagi yang belum mendapatkan vaksin booster bisa menunjukan sweb/pcr antigen dengan hasil Negatif.

Perlu di ketahui Waktu Layanan kunjungan tatap muka di Lapas Brebes, mulai Pukul 08.00 s/d 11.30 WIB yaitu pada Hari Senin, Rabu, dan Sabtu untuk kunjungan bagi Narapidana dan tahanan yang sudah mendapatkan Vaksin booster.

Sementara, untuk hari Selasa, Kamis, untuk kunjungan Narapidana dan Tahanan yang belum mendapatkan Vaksin Booster. Untuk hari Jumah, Minggu dan hari libur Nasional Kunjungan tatap muka Tutup.

Untuk memberikan pelayanan prima bagi Wargabinaan Lapas Brebes menyediakan layanan penitipan makanan tiap hari mulai pukul 13.00 s/d 16.00 WIB, kecuali Hari minggu dan Hari Libur Nasional.

Berikut Langkah langkah saat melakukan kunjungan tatap muka bagi keluarga Warga binaan dan Tahanan Lapas Brebes :
1. Pengunjung memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan
2. Pengunjung yanga akan masuk ke Lapas Brebes memakai Masker dan mencuci tangan serta mengecek suhu tubuh terlebih dahulu
3. Pengunjung mengambil nomor antrian, dengan membawa surat identitas diri
4. Pengunjung menunggu di ruangan tunggu
5. Petugas pendaftaran akan memanggil pengunjung sesuai nomor antrian untuk melakukan input data pengunjung melalui aplikasi SDP sekaligus data pengunjung dan WBP yang akan di kunjungi.
6. Setelah valid dan mendapatkan surat kunjungan selanjutnya pengunjung di arahkan ke ruang penggeledahan.
7. Pengunjung dan barang bawaan di geledah oleh petugas dan menyimpan barang pribadi di loker penitipan yang telah disediakan oleh petugas.
8. Perugas kembali melakukan croschek dokumen dan pengunjung di berikan stempel juga ID Card (kalung identitas kunjungan).
9. Pengunjung memasuki pintu utama dan di cek oleh petugas P2U dan dinyatakan Valid
10. Pengunjung masuk ke area pengunjung dan petugas blok akan memanggil WBP
11. Setelah selesai kunjjngan pengunjung keluar melalui pintu utama dan mengambil barang pribadi dari loker penitipan.

 

 

Pewarta : Imaeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.