Dewan Sulsel Kosi B Gelar RDP Virus PMK pada Hewan

MITRAPOL.com, Makassar – Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Provinsi Sulawesi-Selatan komisi B DPRD Provinsi Sulsel lakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Penyakit Mulut Dan Kuku(PMK) di Sulsel pada, Senin (18/07/2022) jl Urip Sumoharjo Kantor DPRD Sulsel.

Virus PMK hanya untuk hewan yang berkuku belah yakni sapi, Kerbau,Babi kambing,dan Domba ini penularannya sangat cepat radiusnya sampai 10 km ke hewan lainnya, “kemudian juga akibat dari PMK ini menurunkan produksi daging seperti yang terjadi saat saat menjelang idul adha baru baru ini,” terang kadis peternakan provinsi Sulsel.

“Untuk pencegahan dini dinas terkait telah membentuk satgas dan langkah yang dilakukan adalah louchdown hewan dari luar provinsi yang masuk di sulsel,” tambah kadis.

Dewan Kosi B Pak karlos menambahkan, akibat penularan PMK karena banyaknya hewan yang masuk dari luar, seperti di kab Jeneponto sekitar 200 ekor lebih yang masuk lewat pulau namun minim antisipasi yang mestinya harus di karantina dulu untuk aman dari virus PMK ia meminta agar kadis terkait benar benar bekerja cepat untuk pencegahan virus PMK.

Ia manambahkan sdh ada 7 kab/Kota di sulsel yang terdampak PMK yakni Tator, bone, makassar,takalar, Gowa, Jeneponto dan Bantaeng terang pak Karlos.

Kosi B tegaskan bahaya dari penyebaran PMK sudah sangat besar jumlahnya di Indonesia umumnya karena sudah capai angka ribuan hewan yang telah terkena virus PMK, walaupun di Sulsel masih zona merah namun kita tetap lakukan tindakan pencegahan sampai pada pemusnahan kita harus lakukan sampai benar benar aman dan kalau perlu kita adakan sosialisasi ke masyarakat dan peternak utamanya di daerah bahaya dari virus PMK pada hewan.

Adapun pencegahan pada hewan yang terkaena wabah PMK yaitu dengan meminumkan vitamin dan vaksin, dimana saat ini ketersediaan vaksin siap 15rb. Dipersiapkan oleh dinas terkait yakni dinas peternakan sulsel.

Turut hadir asisten Gubernur sulsel atau yang mewakili, kadis perhubungan, PT Dahlia dan Kadis Peternakan bersama jajaran.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.