Ketua APDESI Jateng Hadiri Sosialisasi Keterbukaan Publik

MITRAPOL.com, Blora Jateng – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa se kecamatan Kradenan kabupaten Blora mengadakan sosialisasi keterbukaan publik di salah satu hotel yang berada di kota minyak cepu pada Kamis 21 Juli 2022.

Hadir dalam acara tersebut komisioner KIP Jawa Tengah Widi, Supardi ketua komisi A dari DPRD Blora,ketua Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Yayuk Windrati,S.IP, ketua Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) Jateng Agung Hery Susanto, Slamet Setiono, SH,MM. kabag hukum Setda Blora, Camat Keradenan Nunik Sulistiyo Herniyati, S.Sos. kepala desa se kecamatan Kradenan dan undangan lainya.

Guna memberikan pelayanan publik yang maksimal dan sesuai dengan amanah UU maka pemerintah kecamatan Kradenan melaksanakan sosialisasi keterbukaan publik dengan nara sumber badan Hukum Blora juga KIP Jawa Tengah dengan harapan menambah wawasan yang tepat sasaran.

“Kecamatan Kradenan telah menginisiasi kegiatan sosialisasi maupun pembinaan bagi desa se-Kecamatan patut kita apresiasi, agar selanjutnya di tingkat desa terbentuk PPID dengan mengacu kepada regulasi yang ada serta koordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas kominfo Kabupaten,” ungkap ketua APDESI Jateng di tempat sosialisasi.

Sementara itu Slamet Setiono dari Badan Hukum Setda Blora memberikan penjelasan bahwa, Sepanjang informasi tersebut tidak dikecualikan dan pemohon informasi sudah sesuai prosedur maka termohon harus memberikan apa yang diminta pemohon dan jika ada biaya yang muncul dari pengadaan permohonan tersebut itu menjadi tanggung jawab oleh pemohon”.

Sementara itu ditempat terpisah Sukisman ketua PKN Blora juga memberikan tanggapanya terkait permohonan keterbukaan publik yang lagi marak di kabupaten Blora saat ini,”Menurut saya itu sah saja karena dalam rangka menjalankan amanat UU No 14 th 2008 tentang Keterbukaan informasi Publik. Sekaligus melaksanakan amanat UU Nomor 43 th 2018 tentang peran serta masyarakat dalam rangka membrantas korupsi.

 

Pewarta : Parmin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.