Pj Bupati Simeulue Bersama Forkopimda Tanam Magrove di Pesisir Pantai Linggi

MITRAPOL.com, Simeulue Aceh – Dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia, Pj Bupati Simeulue Ahmadlyah, SH., bersama dengan Forkopimda dan Kepala SKPK hadiri acara penanaman mangrove di pesisir pantai desa Linggi Kecamatan Simeulue Timur. Selasa, (26/7/2022).

Penanaman mangrove di pesisir pantai yang digagas oleh Angkatan Laut RI yang dilaksanakan secara bersamaan di 77 titik wilayah angkatan laut Indonesia.

Kegiatan tersebut yang dipusatkan di Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Simeulue mengikuti pembukaan kegiatan tersebut secara virtual.

Usai mengikuti pembukaan kegiatan, dilanjutkan dengan penanaman mangrove oleh Pj Bupati Simeulue serta forkopimda dan diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir pada kegiatan tersebut.

Danlanal Simeulue, Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto, menyebutkan sedikitnya ada 5.000 bibit manggrove yang ditanam pada areal 1 hektar.

“Penanaman manggrove ini dilaksanakan serentak secara Nasional di 77 titik di seluruh Indonesia, dilakukan dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia yang jatuh pada hari ini, dan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia,” ujar Danlanal Simeulue, Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto.

Lebih lanjut Danlanal mengatakan bahwa pohon mangrove di Simeulue banyak yang rusak akibat cuaca, hewan ternak dan faktor lainnya. Maka itu pihaknya akan berkomitmen terus melakukan konservasi guna mempertahankan lingkungan pantai.

“Penanaman manggrove ini akan dilakukan berkelanjutan, tidak untuk hari ini saja. Kita akan terus melakukan konservasi mangrove,” kata Danlanal.

Sementara itu Pejabat Bupati Simeulue, Ahmadlyah, SH, sangat mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh TNI AL itu. Disampaikan, pihak Pemda juga berkomitmen untuk mempertankan mangrove yang ada di pesisir pantai Simeulue.

Ahmadlyah menegaskan pihaknya akan melakukan tindakan tegas apabila ada oknum – oknum yang melakukan perambahan hutan mangrove secara berlebihan.

“Kita tetap komit apabila ada yang melakukan perambahan berlebihan maka akan kita lakukan pembinaan dan tindakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tutup Pj Bupati Simeulue, Ahmadlyah, SH.

 

Pewarta : Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.