Cegah PMK, Polisi terus melaksanakan pengecekan hewan ternak milik warga dalam rangka Ops Aman Nusa II

MITRAPOL.com, Jabar – Kanit Binmas Polsek Banjaran Polres Majalengka Polda Jabar Aipda Benen Subandi bersama Bhabinkamtibmas Briptu Rizki f dan Briptu Yohan, melaksanakan pengecekan Kandang hewan ternak milik warga di wilayah hukum Polsek Banjaran, Rabu (27/07/2022).

Sementara itu, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi mengatakan, yang dilakukan anggota patroli dalam memberikan sosialisasi kepada para peternak hewan adalah untuk mencegah penyakit PMK.

“Menindaklanjuti perintah pimpinan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus PMK, maka kami melakukan patroli ke desa desa khususnya kepada para peternak sapi, kambing dan domba yang ada di wilayah Kecamatan Banjaran,” kata Kapolsek.

Sementara ditempat terpisah Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa Polisi terus melakukan pengecekan hewan ternak adalah sebagai upaya untuk mencegah penyakit PMK.

Pihaknya juga mengimbau dan mengedukasi para peternak yang disambangi terkait penanganan hewan ternak yang terkena virus PMK. Jika hewan ternaknya muncul air liur berlebihan serta timbul luka di rongga mulut lidah maupun kuku dan kehilangan nafsu makan itu merupakan ciri-ciri hewan tersebut terjangkit PMK.

Maka diimbau untuk tetap tenang dan memisahkan ternak yang sakit atau suspek PMK selanjutnya berkoordinasi dengan dinas peternakan untuk diberikan obat.

“Alhamdulillah setelah anggota melaksanakan patroli dan memantau langsung hewan milik peternak tidak ditemukan adanya penyebaran virus PMK di wilayah Kecamatan Banjaran,” pungkas Kapolres.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.