Dewan Komisi DPRD Sulsel Gelar RDP, Hadirkan Dinas dan Balai tangani PMK di Sulsel

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Laksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di kantor DPR G. Tower Lantai 4 Ruang Rapat Komisi B jln Urip Sumoharjo Kota Makasar Jumat (29/07/2022).

RDP membahas terkait Virus PMK (pnyakit Mulut dan Kuku) pada Hewan ternak, Sapi, kerbau, domba,kambing dan babi(Hewan dengan kuku terbelah). Dewan pertanyakan Sejauh mana penanganan PMK di daerah susel baik kabupaten dan kota serta sekaitan Kronologis masuknya PMK di Sulsel.

“Dijelaskan langsung Kadis peternakan dan kesehatan hewan (DPKH) Sulsel bahwa pada Tgl 28 juni di toraja dan jeneponto daerah pertama yang terserang PMK hewan jenis kerbau yang awalnya dari pasar bolu bone hingga menulari 14 kab/kota se sulsel pada hari ini 28 juli 2022 data update, yang jumlahmya hingga hampir 2rb ekor hewan yang terkena virus PMK pada hewan,” jelas kadis PKH.

Ia menambakan, tindaka yang dilakukan adalah memberikan obat melakukan vaksin ke hewan secara bergiliran ke daerah wabah PMK.

Balai besar karantina Veteriner Kementan RI yang turut dihadirkan pada rapat kali ini tegaskan kita lakukan tindakan di pintu pemasukan dan pengeluaran di pelabuhan dan pemeriksaan klinis (kesehatan Hewan) satu persatu baru bisa di terima atau dimusnahkan pada hewan yang terserang PMK. Tegas kepala balai karantina.

Dewan harap bersama sama baik dari balai besar karantina, Satgas PMK,Dinas Peternakan Untuk tanggulangi dan menangani kasus PMK ini, kita jangan saling tunjuk menunjuk atau menyalahkan namun kita bersinergi kami dari dewan komisi B berharap agar virus yang menyerang ternak ini dapat dimusnahkan atau dimatikan,” pungkas pimpinan rapat wakil ketua kosi B.

Dewan komisi juga sudah membicarakan ke banggar untuk dana penanganan PMK untuk dinas terkait agar segera masukkan permintaan dana kepada Gubernur dana penanganan virus PMK, kami dari dewan sangat siap bersama sama melawan virus PMK yang jumlahnya makin naik, pungkas waka Kosi B.

Turut hadir staf Ahli Gubernur sebagai yang mewakili Gubernur, kadis Peternakan dan kepala balai karantina beserta rombongan, dan sejumlah anggota dewan komis.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.