In House Training, SMKN 3 Metro Sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Metro, terus berupaya mensukseskan implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan. Salah satunya melalui kegiatan In House Training (IHT) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), yang berlangsung di aula sekolah setempat, Kamis ( 28/7 ).

Dengan Tema “Merdeka Belajar – Merdeka Mengajar Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran”. Selain itu Kegiatan Implementasi Kerikulum Merdeka juga bertujuan untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19.

Erlian Eka Damayanti,S.Kom.,M.Ti selaku Kepala SMKN 3 Metro menjelaskan, tujuan dari kegiatan IHT dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Alhamdulillah, IHT Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022 lancar. Walaupun penuh keterbatasan, insya Allah kami bisa. Perlu diketahui, bahwa Kurikulum merdeka ini merupakan jawaban dari segala permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia,” ungkap Erlian, sapaan akrabnya kepada Mitrapol.com, Jumat ( 29/7 ) pagi.

Bahkan, dijelaskannya Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum yang diluncurkan oleh Mendikbudristek RI Tahun 2022.

“Kurikulum merdeka adalah nama baru dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2022 ini merupakan terobosan baru dari Mendikbudristek RI sebagai jawaban atas permasalahan pendidikan selama pandemi covid. Pada intinya, Kurikulum Merdeka dibuat dengan tujuan pendidikan di Indonesia bisa seperti pendidikan di Negara maju lainnya di mana siswa diberikan kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran,” jelas Erlian.

Selain itu, Erlian juga menambahkan jika didalam Kurikulum Merdeka Tahun 2022, lebih sederhana dan memiliki beberapa keunggulan.

“Bahwa, Pertama Kurikulum merdeka berfokus pada peserta didik yang belajar sesuai dengan fasenya. Jadi setiap guru pun tidak akan terburu-buru dalam memberikan pembelajaran. Dampak positif tentunya karena apa yang dibutuhkan oleh siswa akan dapat dipenuhi oleh guru melalui pembelajaran. Kurikulum Merdeka dibuat sederhana dan fleksibel. Sehingga peserta didik lebih mengembangkan kompetensinya di sekolah sesuai dengan minatnya dan mereka merasa nyaman dan menyenangkan ketika pembelajaran. Kedua, yakni penekanannya pada aspek lebih merdeka. Lebih merdeka disini ditujukan bagi peserta didik, guru, dan sekolah,” tambahnya.

Terakhir, Erlian mengucapkan rasa terima kasih atas suport dan dukungan terselenggaranya acara tersebut.

“Terima kasih kepada semua Kacabdin, pengawas,narasumber, tim komite pembelajaran serta guru hebat SMKN 3 Metro. Sehingga IHT Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 lancar. Meskipun regulasi baru di anggap rumit, ketika kita belum mencobanya. Jika regulasi baru disikapi dan dilaksanakan secara sinergi maka akan lebih cepat untuk beradaptasi untuk mengimplemtasikan. Ayo tetap semangat dan terus bergerak dalam Kurikulum Merdeka “Belajar Jangan Lupa Bahagia,” tutup Erlian.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.