Terima Warga Simbuang – Mappak, Andi Sudirman Tegaskan Perhatian untuk Pembangunan di Daerah Terisolir Toraja

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman menyampaikan tekad untuk pembangunan di wilayah terpencil di Toraja.

Hal itu diungkapkan Andi Sudirman usai menemui warga asal Kecamatan Mappak dan Kecamatan Simbuang di Kabupaten Tana Toraja, Rabu (27/7/2022). Mereka ialah Elmiana Bonggalinggi, Yulius D. Palamba, Toding Rombelinggi, dan Daniel Patodingan.

“Toraja menjadi daerah yang menjadi fokus kita untuk pembangunan kita. Termasuk diwilayah terpencil dan terisolir,” kata Andi Sudirman.

Ia pun menerima masukan dan aspirasi dari masyarakat Simbuang dan Mappak, baik mengenai kondisi wilayah, infrstruktur, dan lainnya.

“Diperlukan perencanaan yang matang dalam memperkuat tebing, mengingat kondisi tanah di sana yang labil. Selain itu, perlu perencanaan dalam pembuatan drainase,” ungkapnya.

Hal itu dilakukan, kata dia, agar jalan yang akan dibangun memiliki base yang kuat, kemudian dilakukan pengerasan sebelum dilakukan pengaspalan. “Kami akan segera membahas bersama tim intern untuk upaya penanganan infrastruktur di Mappak dan Simbuang. Karena harus direncanakan secara maksimal khususnya pada beberapa segmen kritis dan labil yang membutuhkan penanganan khusus seperti penguatan tebing dan perbaikan drainase untuk meminimalisir longsor,” tuturnya

Sementara itu, warga Simbuang dan Mappak merasa senang dengan kepedulian Gubernur untuk Toraja. Terlebih dengan Gubernur Andi Sudirman menerima dan mendengarkan langsung aspirasinya. Terlebih baru kali ini mereka bertemu langsung menyampaikan aspirasi kepada Kepala Daerah di tingkat Provinsi.

“Pertemuan tadi sangat menyenangkan, bisa diterima dengan sangat baik. Tidak terencana namun menghasilkan solusi, apa yang kami samaikan bisa diterima baik oleh bapak Gubernur, mudah-mudahan bisa di follow up,” kata Elmiana Bonggalinggi.

“Dukungan untuk Toraja, bagus. Karena satu-satunya Gubernur yang sudah mengunjungi daerah pelosok di Simbuang-Mappak itu baru pak Gubernur (Andi Sudirman), waktu itu beliau masih Wakil Gubernur,” bebernya.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.