Rapat Bapemperda DPRD Provinsi Sulsel

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Dewan Perwakilan rakyat Provinsi Sulawesi Selatan laksanakan rapat badan Pembentukan peraturan daerah dilaksanakan di ruang rapat dewan lantai 9 G.Tower DPRD Sulsel Jl Urip Sumoharjo Kota makassar, Kamis (04/08/2022).

Agenda rapat membahas dua agenda yakni pengajuan rancangan Perda usulan Gubernur sulsel dan persiapan penyusunan propemperda 2023.

Tiga usulan dari Pemprov terkait ranperda yakni ranperda tentang susunan perangkat daerah, ranperda penambahan modal dan tentang agrobisnis perusda sulsel (PT SCI), dan satu diantaranya sudah masuk di dewan untuk dibahas, tinggal menunggu jadwal dari dewan bapemperda,” pungkas Biro ekonomi Pemprov.

Politisi PDIP Rudi Piter goni yang akrab sapaan RPG memastikan akan laksanakan pembahasan selanjut dan meminta agar lebih cepat lagi memasukkan usulan Perda lain yang di usul Gubernur sulsel ke Bapemperda supaya secepatnya kita jadwalkan dan laksanakan semua usulan, termasuk tiga Perda usulan dewan kepada Gubernur sulsel,” tutur RPG.

Tiga usulan ranperda dari dewan Sulsel adalah pesantren, Lontara dan Protokoler dan enam usulan dari pemprov, namun kita lebih utamakan eksekutif jadi jumlahnya delapan ranperda usulan, dan rencanya akan dibahas tiga ranperda dari eksekutif dan hanya satu dari legislatif jadi kita laksanakan rapatnya tiga kali supaya mencapai delapan ranperda,” jelas RPG.

Kemudian inventarisasi usul ranperda untuk propemperda lingkup pemerintah tahun 2023 ada tujuh usulan namun hanya tiga ranperda yang bisa untuk di bahas karena keterbatan anggaran nantinya, jelas biro Hukum setda, ia menambahkan ketiga ranperda usulan penyusunan diantaranya yakni rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sulsel yang meliputi pencadangan SDA sulsel, fungsi LH sulsel dan pemantauan,pengendalian pendayagunaan SDA sulsel,” tutup biro hukum.

Turut hadir staf ahli Gubernur sulsel sebagai yang mewakili, biro hukum setda dan biro ekonomi serta segenap anggota dewan badan pembentukan ranperda sulsel.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.