Peluncuran Bulan Imunisasi Anak Indonesia 2022 di Kecamatan Maja

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Kepala Puskesmas Maja, H, Deminah, membuka peluncuran Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilanjutkan dengan memberikan imunisasi kepada Balita, dan Lansia di Gedung Serba Guna GSG, di desa Maja kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Sabtu (6//8/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Curug Badak haji Agus Supandi,S,PD, Camat Maja, Nurhaedi. S,Sos, AKP Mulyadi SH, Koramil 0303, Satpol PP Kasi Trantip, Mahasiswa UIN Lebak, para Ketua RT /RW. Ketua DPK, PKK, KKN, Forkopimcam, Kadinkes, Kepala UPTD Puskesmas dan peserta imunisasi.

Dalam sambutanya, Hj, Deminah, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia yang telah berupaya maksimal untuk terselenggaranya kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah, anak Belita dan Lansia, semoga ini menjadi awal yang baik dan penuh semangat dalam upaya mencapai target,5,237, yang telah ditentukan Nasional, ujarnya.

BIAN dilaksanakan bertujuan untuk melindungi Anak Indonesia khususnya anak-anak se-Kecamtan Maja dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. BIAN adalah pemberian Imunisasi tambahan Campak-Rubella serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 5,237, juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi Covid-19. Terbanyak di kabu paten lebak, disusul kecamatan Curug Bitung, paparnya.

Sementara itu, Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

Perlu diketahui bahwa, pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah upaya Kementerian Kesehatan menutup kesejangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi Covid-19, lanjut,H,Deminah,

Butuh dukungan kita semua untuk terlaksananya Bulan Imunisasi Anak Nasional di kecamatan Maja, yang meliputi kegiatan imunisasi tambahan Campak Rubela dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib) sehingga dapat mencapai target yang diharapkan, yaitu mencapai kekebalan masyarakat Maja sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela, mempertahankan status maja Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis,.

Untuk kecamatan Maja, semua warga mendapatkan imunisasi tersebut 5.237 itu 410 sedangkan untuk pos yang ada kegiatan ini 95 orang kita memang dukungan dari masyarakat semua satu bulan ini harus tercapai

Tapi kita akan ada sweeping untuk di Bulan September, jadi ada yang tidak datang ke Posyandu Bulan ini, nanti kita akan datangin di Bulan September, jadi Insyaallah target tercapai dengan harapan semua balita yang ada di kecamatan Maja ini yang bisa diimunisasi, biar semuanya bisa sehat, kalau udah sehat kita juga enak, ungkapnya

 

 

Pewarta : Mad/Jul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.