Jelang Purna Bakti, Dewan pengurus KORPRI selenggarakan Kegiatan Pembekalan Kewirausahaan

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Sekdaprov Lampung selaku Ketua DP Korpri Provinsi Lampung, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan & Kesra, Qudrotul Ikhwan, membuka kegiatan Pembekalan Kewirausahaan bagi anggota Korpri yang akan memasuki purna bakti Tahun Anggaran 2022, di Gedung Pusiban, Senin (8/8).

Dalam sambutan Sekdaprov Lampung yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan & Kesra selaku Wakil Ketua I DP Korpri Provinsi Lampung menyebutkan, pembekalan Kewirausahaan ini merupakan salah satu program unggulan Dewan Pengurus Korpri Provinsi Lampung selain program-program lain yaitu Pemberian tali asih, santunan, penghargaan, Pengembangan SDM serta kegiatan lainnya.

“Saya mengharapkan kegiatan ini hendaknya dapat diikuti dengan baik, sehingga hasil dari Pembekalan Kewirausahaan bagi ASN yang akan memasuki masa Purna Bakti ini dapat dijadikan bekal pengetahuan, pengalaman dan keahlian yang cukup dalam persiapan memasuki lingkungan yang baru yaitu masa purna bakti,” kata Ketua DP Korpri Provinsi Lampung.

“Masa purna bakti bukan merupakan akhir, tapi merupakan titik awal untuk menjalani fase kehidupan baru,” sambungnya lagi.

ASN yang akan menjalani pensiun perlu dipersiapkan mental, kemampuan dan keterampilan lain yang dapat dipakai sebagai bekal dalam memasuki kehidupan yang baru. Sekdaprov mengatakan, berapa perubahan pada saat seseorang menjalani masa pensiun, diantaranya perubahan dari aktivitas yang tadinya rutin bekerja menjadi tidak rutin bekerja, penurunan pendapatan, perubahan relasi sosial, serta penurunan kesehatan karena usia yang semakin bertambah.

Menurut Sekdaprov Lampung, ada beberapa aspek yang perlu disiapkan dalam persiapan pensiun, antara lain Aspek ekonomi berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan kewirausahaan, Aspek psikologis yaitu mempersiapkan mental untuk menghadapi perubahan pada saat pensiun, Aspek sosial yaitu bagaimana menyiapkan diri setelah pensiun tetap memiliki peran sosial dan dukungan sosial dalam masyarakat serta Aspek fisik berkaitan dengan kesehatan.

“Saya berharap kepada peserta pembekalan kewirausahaan, agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembekalan ini dengan baik dan seksama sehingga diharapkan para peserta dapat menciptakan berbagai inovasi pengembangan kewirausahaan dan dapat ikut memberdayakan masyarakat sekitar,” pesan Sekdaprov.

Sekdaprov juga menuturkan, kegiatan pembekalan kewirausahaan ini akan menjadi optimal dan lebih baik jika diawali dengan membangun persepsi positif dan cara pandang yang benar mengenai purna bakti.

Di penghujung sambutannya, Sekdaprov mengingatkan peserta pembekalan, agar tetap semangat memberikan sumbangsih yang terbaik bagi Daerah Lampung untuk tercapainya masyarakat Lampung yang berjaya.

Sementara itu, Plt. Kepala BKD Provinsi Lampung, Meiry Harika Sari, selaku Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, pembekalan kewirausahaan ini memiliki beberapa tujuan. Diantaranya, memberi bekal kemampuan dan keterampilan bidang kewirausahaan menuju kemandirian finansial, sehat dan produktif, memberi motivasi pencerahan dan kesiapan mental, mengembangkan bakat dan minat ASN dalam meraih kemandirian Sosial Ekonomi, serta mempersiapkan ASN yang akan memasuki masa purna bakti agar dapat mengambil keputusan.

Meiry kemudian menerangkan, peserta kegiatan pembekalan kewirausahaan adalah para ASN yang memasuki purna bakti pada periode September 2022 sampai dengan Juli 2023, sebanyak 4 angkatan, dimana tiap angkatan berjumlah 40 orang sehingga jumlah peserta pembekalan kewirausahaan sebanyak 160 orang.

Pembekalan kewirausahaan dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama pembekalan dilaksanakan di Aula BKD Provinsi Lampung, dan hari kedua di lokasi Bimtek yang sesuai usulan masing-masing ASN yang memasuki purna bakti.

Kegiatan pembekalan ini juga menghadirkan  beberapa narsumber, diantaranya dari PT Taspen Cabang Lampung, PT Bank Mandiri Taspen Cabang Bandar Lampung, Motivator Lampung dan Pelaku Usaha dari Indogrosir, Rafin’s Snack.

Hadir dalam kegiatan pembekalan Pimpinan Cabang PT Taspen Lampung, Dewan Pengurus Korpri Provinsi Lampung, Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Lampung, Motivator Lampung Hasan Ashari, Pejabat Administrator dan Fungsional di lingkungan BKD Provinsi Lampung.

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.