Lestarikan Budaya Betawi, DPC PAPPRI Jaktim Selenggarakan Lomba Nyanyi

MITRAPOL.com, Jakarta – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Jakarta Timur menyelenggarakan Final Lomba Nyanyi Lagu Betawi.

Pelaksaan lomba berlangsung di Museum Benyamin Sueb, Jakarta Timur, Senin (08/08/2022).

Adapun lomba ini mengambil tema “Melestarikan Budaya Betawi untuk generasi Milenial’.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 117 peserta. Mereka rata-rata berusia 12-40 tahun. Bahkan ada juga dari berbagai profesi dan latar belakang, mulai dari pegawai kantoran, vocalis band, pengusaha, dan pelajar.

Sementara panitia menyiapkan lagu pilihan yang dibawakan peserta, di antaranya lagu Kicir-Kicir, Jali – jali, Ondel- Ondel, Nonton Bioskop, Kompor Meleduk dan Hujan Gerimis.

Masing-masing membawakan lagu dengan karakter dan musik yang berbeda, Pop, Rock, kontemporer sampai Gambang Kromong.

Untuk mendukung kegiatan ini panitia juga menyiapkan juri-juri yang memiliki nama besar, seperti Ajul Jiung (Musisi & Seniman  Betawi), Ferry Bing Slamet (Musisi senior, putra dari Legenda “Bing Slamet” pencipta lagu Nonton Bioskop, Evi Masamba (Juara 1 D’Academy Indosiar Musim kedua, Top 5 Besar DA Asia).

Setelah dilakukan seleksi, 15 peserta yang akhirnya berhasil masuk ke Grand Final.

Ke-15 peserta yang tampil di Grand Final yaitu, Keyza dengan lagu (Jali-jali). Kemudian Nina JW (Jali-jali), Wahid Ulak (Nonton Bioskop), Siti Nurhayati (Jali-jali), Patricia Maureen (Jali-jali), Sri Yulianingsih (Jali-jali), Evelyn Angkasa (Hujan Gerimis), Natasya Wiranata (Hujan Gerimis), Arif Hidayat (Nonton Bioskop), Latifa Dewi (Hujan Gerimis), Arifky (Kompor Meleduk), Hardi (Kompor Meleduk), Herry SP (Hujan Gerimis), Rofiana Anggraini (Jali-jali), serta Fariz Azka berusia 12 tahun, membawakan lagu Ondel-ondel.

Keluar sebagai Juara 1, Wahid Ulak dengan membawakan lagi Nonton Bioskop. Juara 2, Herry SP dengan lagu Hujan Gerimis, serta Juara 3, Siti Nurhayati dengan lagu Jali-jali.

Sementara Juara Harapan 1, Patricia Maureen dengan lagu Jali-jali, Juara Harapan 2, Keyza dengan lagu Jali-jali. Untuk Juara Favorit diraih oleh Fariz Azka dengan lagu Ondel-ondel.

Para pemenang ini mendapatkan hadiah berupa Thropy, medali, piagam serta uang tunai.

Lomba Nyanyi Lagu Betawi ini merupakan gawean DPC PAPPRI, Jakarta Timur yang dipimpin M. Noval Aldrien.

Wakil Ketua Umum DPP PAPPRI, Ayu Soraya menyebutkan, ini merupakan awal kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus DPC PAPPRI Jakarta Timur yang belum lama ini dilantik.

“Ini awal dari kegiatan mereka, namun sebelumnya juga ada kegiatan yang sudah dijalankan DPC PAPPRI Jakarta Timur, pada saat bulan puasa,” kata Ayu Soraya, saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Mantan Ketua DPD PAPPRI DKI Jakarta ini mengakui bahwa untuk kepengurusan DPC PAPPRI di Jakarta Timur ini berbeda dengan DPC PAPPRI lainnya.

“Kepengurusan DPC PAPPRI Jakarta Timur ini, Ketuanya Milenial orang muda, maka kepengurusannya juga orang muda yang usianya belum mencapai 40 tahun,” ujarnya.

Untuk itu Ayu Soraya berharap dengan kepemimpinan M. Noval Aldrien, di PAPPRI Jakarta Timur, mampu membangkitkan pemikiran-pemikiran Milenial lainnya.

“Mudah-mudahan DPC PAPPRI Jakarta Timur ini bisa menjadi barometer untuk wilayah DKI Jakarta lainnya, khususnya dapat membuat program maupun acara yang dapat membangkitkan Milenial,” paparnya.

Senada, Ketua DPC PAPPRI Jakarta Timur M. Noval Aldrien, Lomba Nyanyi Lagu Betawi ini merupakan kegiatan yang pertama yang diselenggarakan DPC PAPPRI Jakarta Timur.

“Ini kegiatan pertama kami di DPC PAPPRI Jakarta Timur di bawah kepemimpinan saya,” ujarnya.

 

DR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.