Raker Pansus DPR Prov Sulsel Tentang Perubahan Perda No 1 TA 2019 Tatib Dewan Sulsel

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Panitia Khusus (Pansus) pembahas ranperda dan Perda legislatif (Dewan) di laksanakan di ruang rapat dewan lantai 2 G. Tower DPR Selasa (09/08/2022) Jl Uripsumiharjo kota makassar.

Pansus pembahas Perda perubahan DPRD Sulsel nomor 1 th 2019 tentang tata tertib dewan (tatib) sangat dianggap penting untuk dibahas ataupun di perbaharui, dalam rangka meningkatkan kinerja anggota dewan dan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah maka susunan, kedudukan, peran dan fungsi masing masing dewan di tiap tugas dan tanggungjawab sebagai anggota dewan, sebagaimana diatur dalam UUD 23 th 2014.

Adapun pasal yang di maksud dalam pembahasan pansus adalah pasal. 1 th 2019 yang mengatur tata tertib dewan, pasal pasal 93 tentang alat kelengkapan dewan pasal 11 tentang Perda, Pasal 182 tentang kebijakan Umum APBD, Pasal 182 A, pasal 200 tentang hasil penyusunan program, pasal 138 tentang kunjungan kerja, Pasal 143 tentang rapat paripurna, pasal 108 tentang badan musyawarah, pasal 128 tentang pembagian tugas dewan, pasal 129 masa kerja alat kelengkapan dewan, Pasal 137 tentang tugas, fungsi, wewenang oleh pimpinan dewan atau anggota dewan, pasal 170 tentang undangan rapat, pasal 210 tentang persetujuan DPR, pertimbangan, konsultasi dan pendapat kepada Gubernur, pasal 214 tentang pembahas pertanggunggjawaban keuanga daerah (APBD) atau laporan keuangan, pasal 6 tentang ranperda pasal 24 tentang tugas dan kewenangan dewan, pasal 111 tentang mitra kerja tiap komisi, pasal 113 tentang wewenang dan tugas komisi.

Rapat pansus ini awal pembahasan perda perubahan tatib dewan yang terikat dan di atur dalam pasal dan UUD/Perda, jadi kita harus bersama sama dan kompak dalam memutuskan segala perubahan dan ketetapan perda ini, pungkas januar jauri darwis selaku pimpinan rapat pansus.

Dan apa bila ada yang perlu di hapus atau di ubah maka kita akan ubah dan kemudian di bahas lagi di rapat pembahasan lanjutan,” tambah ia.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.