Dukungan PLN di Konser Dream Theater di Apresiasi Wali Kota Solo

MITRAPOL.com, Solo Jateng – Gelaran konser band asal Amerika Serikat Dream Theater bertajuk Top of The World Tour di Solo, yang berlangsung di Parking Area A dan B Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022), berlangsung sukses. Hal ini tidak terlepas dengan keandalan pasokan listrik dari PT PLN (Persero).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi dukungan PLN dalam menyukseskan acara skala internasional yang digelar di Solo.

“Terima kasih PLN, kemarin sudah didukung acara ASEAN Paragames, sekarang didukung acara Dream Theater. Semoga PLN semakin sukses,” ujarnya.

Di lokasi acara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa PLN berkomitmen mendukung pemulihan geliat perekonomian nasional dengan menghadirkan listrik yang andal. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang menginginkan pemulihan ekonomi berjalan lebih cepat.

“Dengan acara ini, kita lihat masyarakat bisa bergembira, kemudian banyak multiplier effect-nya. Kita lihat tadi banyak UMKM terlibat, hotel penuh, ekonomi bergerak, rakyat bergerak, pemulihan lebih cepat,” katanya.

Darmawan juga mengapresiasi pemerintah yang telah berhasil melakukan pemulihan ekonomi.

“Hal itu terbukti dengan adanya pertumbuhun ekonomi yang diiringi dengan pertumbuhan demand listrik yg lebih tinggi dari perkiraan kami,” ujarnya.

Darmawan menjelaskan pada 2020 pertumbuhan listrik minus 0,79 persen, sementara pada 2021 bertumbuh sebesar 5,77 persen.

Tren pemulihan semakin tampak dari kinerja penjualan listrik semester I tahun 2022 yang bertumbuh sebesar 7,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Akibat pandemi Covid-19, dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 pertumbuhan demand listrik diproyeksikan hanya 4,9 persen per tahun. “Yang tadinya hanya sekitar 3-4 persen, kali ini bisa di atas 5 persen pertumbuhan demand listriknya,” jelasnya.

General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Irwansyah Putra menambahkan dalam mendukung konser tersebut, PLN menerapkan skema pasokan berlapis.

Selain dipasok dari sistem kelistrikan, PLN juga menyiagakan 3 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 100 kilovolt ampere (kVA) dan 80 kVA, 5 unit genset 500 kVA dan 250 kVA, unit gardu bergerak, dan 3 unit kabel bergerak disiagakan PLN.

Perlengkapan itu dilengkapi dengan ACOS (Automatic Change Over Switch) sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan bisa segera dipindahkan ke sumber listrik cadangan secara otomatis.

“Kebutuhan konser ini hanya 1,5 megawatt (MW). Sementara sistem kelistrikan yang menaungi Solo itu daya mampunya 800 MW dengan surplus daya 583 MW. Meski melimpah pasokan listriknya, kami tetap siapkan skema khusus sebagai backup,” pungkasnya.

 

 

DR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.