Polda Jabar Gelar Operasional Dinamika Kamtibmas Dalam Rangka Menjelang Pilpres, Pileg dan Pilkada Serentak 2024 di Jawa Barat

MITRAPOL.com, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M. Si. menyambut hangat kedatangan Bapak Jendral TNI (Purn) Prof. DR. Abdullah Mahmud Hendro Prioyono, S.T., S.H., M. H. di Mapolda Jabar, Rabu (10/08/2022) dalam rangka gelar operasional situasi gangguan kamtibmas dalam rangka pembahasan dinamika kamtibmas menjelang Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak 2024.

Kapolda Jabar bersama dengan para Pejabat Utama Polda Jabar beserta Kapolres/ta/tabes jajaran Polda Jabar melaksanakan gelar opersional ini yang bertempat di Aula Dit Lantas Polda Jabar.

Irjen Pol. Drs. Suntana M.Si dalam hal ini menegaskan, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) mesti diwaspadai agar pemilu dan pilkada berlangsung lancar. “Agenda besar demokrasi Pileg, Pilpres dan Pilkada serentak 2024 harus diantisipasi dengan baik. Berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Kapolda Jabar dalam sambutannya.

Persiapan pemilu dan pilkada menjadi salah satu agenda nasional lain yang harus didukung Polri. Polri melakukan penegakan hukum sebagai upaya terakhir dalam menjaga kamtibmas.Polri mendahulukan tindakan pencegahan. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan. Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Bapak Kapolda Jabar dalam paparannya menyampaikan tentang situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Jabar yang secara umum masih aman kondusif, namun tetap hraus mencegah gangguan kamtibmas dan mengantisipasi terjadinya kriminalitas utamanya 3C yakni curat, curas, dan curanmor dan tindak pidana lainnya.

Jendral TNI (Purn) Prof. DR. Abdullah Mahmud Hendro Prioyono, S.T., S.H., M.H. juga memberikan materi tentang bahayanya paham radikalisme serta memberikan cara mengantisipasinya dengan menggandeng beberapa intansi terkait dan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk tetap bisa menjaga NKRI selalu aman dan damai agar tidak sampai terjadi gangguan harkamtibmas secara nasional. Beliau berpesan agar selalu tetap melakukan monitoring dinamika politik yang akan dihadapi rekan – rekan anggota Polri

Kita bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan menciptakan manusia itu tanpa contoh dan memberikan petunjuk melalui otak agar kita tidak mudah diadu domba, ucap Bapak Jendral TNI (Purn) Prof. DR. Abdullah Mahmud Hendro Prioyono, S.T., S.H., M.H. diakhir paparannya.

Dalam gelar ini kemudian dilanjutkan dengan paparan anev situasi harkamtibmas dan penanggulangan gangguan kamtibmas serta dinamika kamtibmnas menjelang Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak 2024 di wilayah hukum Polda Jabar oleh Bapak Karo Ops Kombes Pol Stephen M Napiun, S. I. K., S.H., M.Hum, Bapak Direktur Intelkam Kombes Pol Ruslan Efendi, M.Si. Bapak Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si. dan Bapak Karo Log Kombes Pol Slamet Setiono, S.I.K., M.Si.

Kapolda Jabar juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Polres jajaran atas upaya menjaga kamtibmas yang dilakukan secara preemtif dan preventif, dimana dilihat dari beberapa kasus yang terjadi sudah dapat dikendalikan secara optimal.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.