Semarakkan HUT RI ke 77, Desa Banyumas Gelar Lomba Hias Gapura

MITRAPOL.com, Pandeglang – Dengan menyemarakan kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77 Pemerintah Desa Banyumas, Kecamatan Bojong Pandeglang Banten mengadakan berbagai perlombaan salah satunya perlombaan menghias gapura tingkat RT dan RW.

Kepala Desa Banyumas, Kecamatan Bojong Iin Endah Kumala mengatakan, selain perlombaan menghias gapura juga dilakukan penilaian dalam Kebersihan, Keindahan dan ketertiban (K3).

“Lomba K3 dan menghias Gapura ini tujuan kita untuk kebersihan lingkungan agar terlihat indah dan rapi dengan hiasan bertemakan kemerdekaan RI yang ke 77, dan juga untuk menghidupkan semangat gotong royong yang sifatnya inklusif, akan menampilkan ciri khas dari masing-masing lingkungan baik Dusun atau Kampung, RW, RT dan Kreativitas mereka bisa dikembangkan,” kata kepala Desa Banyumas , Kecamatan Bojong Iin Endah Kumala, di sela-sela mendampingi dari tim penilai, Kamis (11/7/2022).

Menurut dia, Kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan semangat persatuan dan sikap Nasionalis masyarakat dalam memaknai HUT RI ke 77.

“Lomba K3 dan menghias gapura ini, selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi, sekaligus juga untuk menumbuhkan kembali kebiasaan yang sebelumnya pernah ada yakni semangat gotong royong masyarakat Khususnya di wilayah Desa Banyumas,” tuturnya.

Selain itu kata dia, dalam perlombaan tersebut pihaknya melibatkan semua unsur masyarakat, karang taruna, aparat kepolisian, Koramil dan pihak Kecamatan Bojong.

“Untuk tim penilai juga kita libatkan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan juga kasi trantib pol PP Kecamatan,” ujarnya.

Selian itu kata Iin, dalam memeriahkan HUT RI ke 77 tersebut selain mengadakan perlombaan menghias gapura, pihaknya juga mengadakan berbagai perlombaan, seperti Bola Voli, sepak Bola, bulu tangkis, jalan santai dan permainan tradisional.

“Untuk hadiahnya nanti berbentuk tropi dan uang pembinaan. Termasuk hadiah perlombaan bola voli, sepak bola, bulu tangkis. Sedangkan untuk jalan santai kita juga sediakan puluhan Doorprize. Kalau untuk anggaran kegiatan dalam rangkaian HUT RI ini diluar APBDEs ada partisipasi mulai dari pihak aparatur Desa, warga masyarakat dan pihak lainnya yang sifatnya tidak mengikat,” ucapnya.

Sementara itu, ketua pelaksana Egi suprianto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi warga masyarakat ketua RW, RT, karang taruna dan semua pihak yang sudah berpartisipasi.

“Dengan berbagai kegiatan ini, terlihat kekompakan masyarakat dengan berpartisipasi bekerja siang dan malam dengan mengeluarkan materi maupun tenaga serta gagasannya, dalam perayaan HUT RI ke 77,” ujarnya.

 

Pewarta : Heru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.