Pengamanan Tradisi Sedekah Laut, Masyarakat Acungi Jempol Kinerja Polres Pasuruan Kota 

MITRAPOL.com, Pasuruan – Acara tradisi sedekah laut rutin dilaksanakan oleh Nelayan Pasuruan setiap tahun di TPI Ngemplakrejo kawasan Pesisir Pantai Utara, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Minggu (14/8) pagi ini.

Sedekah laut sendiri melarung sesaji berupa kepala sapi. Hal ini dimaksudkan agar para nelayan dalam melaut diberikan keselamatan oleh Allah SWT,  terhindar dari musibah kecelakaan di laut dan mendapat hasil yang melimpah, untuk menambah kesejahteraan para nelayan.

Acara larung Sesaji sedekah laut juga mendapat pengamanan oleh petugas dari Polres Pasuruan Kota dan Polsek Purworejo serta Sat Polair Polres Pasuruan, dilaksanakan pada hari Minggu (14/8/2022) dimulai pukul 09.00 Wib di TPI Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo dan sesaji dilarung dikawasan selat Madura.

Acara tradisi sedekah laut ini pada tahun ini sudah mulai ramai karena sudah 2 tahun selama pandemi Covid-19 kegiatan tradisi ini tidak dilaksanakan. Namun Polres Pasuruan Kota siap dalam pengamanan Tradisi Sedekah Laut ini dengan menerjunkan puluhan personel.

Kabag Ops Polres Pasuruan Kota Kompol Tatuk Slamet Irianto saat ditemui mengatakan dalam Pengamanan larung sesaji sedekah laut kawasan Pesisir Pantai Utara, Pihaknya menerjunkan puluhan personel gabungan, baik dari Polres Pasuruan Kota, Polsek Purworejo dan Sat Polair Polres Pasuruan.

“Sedangkan untuk Pengamanan larung sesaji ini, sejumlah personel juga ditempatkan dibeberapa Kapal Nelayan yang ikut mengawal Kapal pembawa sesaji,” ungkapnya.

Yang menambah suasana lebih sakral adalah pada saat pelaksanaan larung sesaji ke tengah laut, kelompok karawitan/ gamelan mengiringi dengan membawakan gending-gending jawa, yang mana hal ini sudah sangat jarang kita temukan.

Sekitar 20 kapal nelayan yang dihias sedemikian rupa ikut meramaikan larung sesaji sedakah laut, hal ini juga menambah daya tarik bagi masyarakat yang menyaksikan acara sakral tersebut.

Sat Polair dengan menggunakan kapal patroli juga mengawal kapal nelayan yang membawa sesaji ke tengah lautan, diikuti oleh 20 kapal nelayan.

Sementara itu, Masyarakat sekitar pun merasa senang dan memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Pasuruan Kota karena dengan adanya pengamanan dari kepolisian maka kegiatan ini berjalan dengan aman dan nyaman.

“Dengan bantuan pengamanan personel Polres Pasuruan Kota dan Polsek Purworejo acara sedekah laut ini berjalan aman dan kondusif, pihak panitia pun sangat terbantu atas pelaksanaan acara sedekah laut ini, tidak ada masyarakat yang membuat keonaran dan proses pelarungan sesajen kepala sapi berjalan dengan tertib,” ujar salah satu panitia.

 

Pewarta : Lan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.