Pramuka Mengabdi Tanpa Batas

MITRAPOL.com, Brebes – Memperingati Hari Pramuka ke-61 tahun 2022, Gerakan Pramuka meneguhkan diri untuk mengabdi tanpa batas, sebagai bentuk membantu ketangguhan bangsa. Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka.

Bukti pengabdian Pramuka telah dilakukan sejak usia Pramuka Siaga, seperti telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH. selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Brebes saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso pada upacara Hari Pramuka di Bumi Perkemahan Desa Randegan, Kecamatan Losari, Brebes, Minggu (14/8).

Pengabdian bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita.

Lebih lanjut disampaikan semua bentuk pengabdian yang dilakukan pramuka sejalan dengan kode kehormatan Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya. Di semua kode kehormatan gerakan pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

Kamabicab Brebes Kak Idza Priyanti juga mengucapkan Selamat Hari Pramuka Ke-61 kepada seluruh Pramuka di Kabupaten Brebes, dan berharap Pramuka akan selalu eksis mengabdikan diri, dan turut serta dalam membangun Kabupaten Brebes.

“Dirgahayu Gerakan Pramuka, tetaplah semangat mengabdi tanpa Batas untuk membangun ketanguhan bangsa,” pekik semangat Kak Idza dihadapan seluruh peserta upacara.

Upacara peringatan Hari Pramuka Ke-61 tingkat Kabupaten Brebes diperingati dengan cukup meriah yang didahului dengan Prosesi Tongkat Pora, Pemotongan Tumpeng dan dieisi pula dengan Penganugerahan Tanda Kehormatan serta pagelaran Drama Kolosal.

Nampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH beserta para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki beserta seluruh anggotanya.

 

Pewarta : Maeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.